Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PTPN XI Pastikan Kecukupan Tebu pada Musim Giling 2020

Bahan baku yang berasal dari HGU lebih terjamin kualitasnya, sudah masak (maturity) dan segar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  22:18 WIB
Ilustrasi. - Antara/Fikri Yusuf
Ilustrasi. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, SURABAYA - Direktur PTPN XI, Dwi Satriyo Annurogo memastikan kecukupan dan kualitas bahan baku tebu pada pelaksanaan musim giling tahun 2020, setelah dirinya melakukan kunjungan ke Pabrik Gula (PG) Semboro dan Djatiroto.

"Setelah saya melihat langsung Hak Guna Usaha (HGU) Jolondoro dan HGU SPADA yang dikelola PG Semboro serta HGU di PG Djatiroto, kami yakin kualitas dan produktivitas lahan masih prima baik untuk giling saat ini maupun persiapan tahun giling 2020 atau 2021," kata Dwi dalam keterangan persnya di Surabaya, usai kunjungannya Jumat (10/7/2020).

Dwi memastikan bahan baku yang berasal dari HGU lebih terjamin kualitasnya, sudah masak (maturity) dan segar.

"Bahan baku tebu yang berasal dari HGU dalam kontrol penuh kami, penataan varietas hingga pengelolaan tebang muat angkut tergantung kami juga, sehingga hasilnya pun seharusnya terjaga," katanya.

Ia mengatakan kualitas tebangan yang memenuhi unsur manis bersih dan segar (MBS) sudah menjadi brand PTPN XI.

Oleh karena, Dwi ingin menjadikan HGU sebagai etalase PTPN XI, sehingga bukan hanya menjadi teladan bagi petani dalam pengelolaan lahan tetapi juga bisa mendukung pencapaian produksi.

Dalam kunjungan itu, Dwi menekankan penanganan pascatebang, yakni kegiatan muat dan angkut hingga proses giling agar tidak memerlukan waktu panjang, sehingga tidak merusak potensi rendemen tebu tersebut.

Sementara itu, General Manager PG Djatiroto, Kristanto menambahkan saat ini sudah ada empat kebun yang sudah ditebang dengan protas 200 ton per hektarenya, diantaranya afdeling Dawuhan dan Genitri Lor.

Sebelumnya, pelaksanaan giling tahun 2020 yang dimulai awal Juni 2020 oleh PTPN XI hingga kini terealisasi sebesar 646.000 ton, atau 15 persen dari target total bahan baku tebu sebanyak 4,2 juta ton, dengan target produksi gula sebesar 346.000 ton.

Total kapasitas terpasang pabrik gula milik PTPN XI adalah 42.137 TCD (ton cane day), dengan luas lahan sendiri 10.591 hektare dan 45.247 hektare lahan milik petani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tebu ptpn xi

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top