Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PTPN XI Gelar Pasar Murah Gula Pasir Pekan Ini

Pasar murah itu bisa ditemui di sejumlah wilayah kerja PTPN XI yakni di Madiun, Ngawi, Magetan, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Jember dan Lumajang.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  12:13 WIB
Pasar murah gula PTPN XI.
Pasar murah gula PTPN XI.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menggelar pasar murah gula kristal putih (GKP) guna membantu masyarakat mendapatkan komoditas gula dengan mudah dan harga eceran tertinggi (HET).

Humas PTPN XI, Brilliant Johan Anugerah mengatakan pasar murah produk gula ini digelar di seluruh pabrik gula wilayah kerja PTPN XI dan juga kantor pusat di Surabaya.

"Pasar murah gula ini berlangsung sejak 11 Mei 2020 sampai akhir pekan nanti," ujarnya dalam rilis, Selasa (12/5/2020).

Adapun pasar murah itu bisa ditemui di sejumlah wilayah kerja PTPN XI yakni di Madiun, Ngawi, Magetan, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Jember dan Lumajang. Dalam pasar murah gula ini digelontorkan sebanyak 75 ton gula dengan harga Rp12.500/kg.

Brilliant mengatakan pasar murah ini digelar untuk membantu menjaga stabilitas harga gula, termasuk membantu masyarakat dalam memperoleh gula yang saat ini sulit didapat terutama jelang hari raya keagamaan.

"Seperti diketahui, selain sulit didapat, harga gula dipasaran sekarang masih berada di atas HET yang sudah ditetapkan pemerintah bahkan antara Rp16.000 - Rp17.000," katanya.

Dia menyebut, kebutuhan gula kristal putih untuk konsumsi langsung secara nasional sekitar 3 juta ton. Kebutuhan itu memang lebih besar dari pada yang diproduksi pabrik gula nasional yang hanya sekitar 2,1 juta ton.

"Jadi ada defisit gula, ada supply dan demand yang tidak seimbang sehingga menyebabkan gula sulit didapat," imbuhnya.

Brilliant menambahkan, dalam teknis pelaksanaan pasar murah tersebut pihaknya memastikan telah berkoordinasi dengan aparat dan melaksanakan pasar murah dengan protokol pencegahan Covid-19.

"Pembeli wajib menggunakan masker, dan menjaga jarak," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gula jatim ptpn xi
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top