Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMM Dukung Pengembangan Wisata Arum Jeram Lewat Boat Race

Kegiatan ini dapat memperkenalkan olahraga arus deras untuk khalayak umum agar lebih dikenal secara luas.
Lomba Perahu Karet 2019 di UMM./Istimewa
Lomba Perahu Karet 2019 di UMM./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang dukung pengembangan wisata arum jeram dengan menggelar Boat Race Challenge #4 atau Lomba Perahu Karet antar- SMA sederajat nasional.

Ketua Pelaksana Kegiatan Yusril Khasib Anvasa mengatakan diadakannya kompetisi ini dapat ikut membangun tumbuhnya industri wisata arung jeram. Lewat kegiatan tersebuit diharapkan memacu minat berbagai kelompok masyarakat untuk menikmati arung jeram.

“Sangat disayangkan karena olahraga ini hanya dikenal oleh segelintir orang. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan olahraga arus deras untuk khalayak umum agar lebih dikenal secara luas,” tuturnya di Malang, Selasa (21/1/2020).

Lomba yang digelar Divisi Mahasiswa Pecinta Alam (DIMPA) UMM)akan diadakan di danau Kampus III UMM pada 17-18 April 2020 mendatang itu mengusung tema “Arungi Jiwa Mudamu”, lomba terdiri dari tiga kategori yakni kategori putra, kategori putri serta kategori campuran.

Pada penyelenggaraan Boat Race ketiga 2018, DIMPA UMM hanya mengadakannya di tingkat Malang Raya. Ketika itu event diikuti 32 tim dari unsur Siswa Pecinta Alam (SISPALA), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) dan Organisasi Pecinta Alam (OPA). Di 2020, ditargetkan bakal diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Berbagai jenis olahraga petualangan dewasa ini terus mengalami perkembangan dan peningkatan animo di kalangan anak muda. Salah satunya adalah olahraga air dengan menggunakan media perahu karet.

“Hal tersebut didasari oleh rasa kesadaran mengenal kekayaan wilayah perairan sungai yang beraneka dan menjaga lingkungan serta sebagai cara menguji ketangkasan dan adrenalin,” ungkapnya.

Menurut dia, dunia arung jeram di Indonesia sedang mengalami perkembangan. Dibuktikan dengan banyaknya komunitas-komunitas arung jeram maupun divisi-divisi khusus arung jeram pada organisasi dan komunitas pecinta alam. Ditambah lagi dengan dibentuknya Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) yang berpartisipasi membangun dunia arung jeram Indonesia.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2019 lalu, danau ini diperuntukkan bagi penyelenggaraan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN). Ketika itu, UMM secara khusus diamanahi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai tuan rumah ajang bergengsi tingkat nasional ini. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper