BCA Dorong UMKM Manfaatkan Marketplace Blibli.com

Oleh: Choirul Anam 04 Oktober 2018 | 15:17 WIB
BCA Dorong UMKM Manfaatkan Marketplace Blibli.com
Kepala BCA KCU Borobudur Liciana King (kanan) bersama dan Vice President Pengembangan Bisnis Mikro BCA Ade Bachtiar (tengah) melihat produk-produk UMKM peserta Workshop UMKM Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan di Malang, Kamis (4/10/2018). /Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG – PT Bank Central Asia Tbk  atau BCA menggandeng Blibi.com agar UMKM binaan bank tersebut dapat mengembangkan usaha dengan memasarkan produknya di marketplace.

Chen Lin Andrew , Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Malang,  mengatakan  BCA berkomitmen   mendukung pengembangan usaha di segmen UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia.

“Kali ini, upaya BCA diwujudnyatakan melalui kegiatan Workshop UMKM ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’ yang diikuti oleh sekitar100 orang pelaku UMKM di Malang,” katanya di sela-sela Workshop UMKM di Malang, Kamis (4/10/2018).

Hinga kini, lanjutnya, UMKM masih menjadi salah satu sektor unggulan, bahkan menjadi penopang utama perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, BCA terus berupaya untuk turut meningkatkan berbagai bidang usaha masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri.

BCA telah menyiapkan beragam program  untuk mendukung upaya tersebut. Melalui program yang berkelanjutan seperti workshop dan pelatihan, BCA senantiasa berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang.

Rangkaian workshop UMKM ini akan dilaksanakan juga di Makassar dan Samarinda. Pada program ini BCA bekerja sama dengan Blibli.com. Para pelaku UMKM akan menerima paparan mengenai trend digital dan e-commerce, social media, serta pemahaman lebih tajam menjadi pelaku usaha UMKM.

Chen Lin Andrew menambahkan, komitmen BCA mengembangkan UMKM di Kota Malang ini merupakan salah satu kontribusi BCA dalam memfasilitasi serta membantu UMKM di berbagai pelosok tanah air dalam mengembangkan usahanya.

Workshop bagi Pelaku UMKM tersebut digelar juga dalam rangka menggarap potensi penyaluran kredit di sektor UMKM. Tahun ini, rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20%  dari total porfotolio kredit BCA.

Per Semester I 2018, kreditUMKM yang disalurkan BCA mencapai Rp 59,9 triliun atau tumbuh 23,0% yoy. Sampai September, kata   Vice President Pengembangan Bisnis Mikro BCA Ade Bachtiar mencapai Rp61,8 triliun.

Khusus di Malang, yakni di BCA KCU Malang dan Borobudur, kata Andrew,  sampai dengan September 2018 mencapai Rp800 miliar atau tumbuh 15% bila dibandingkan posisi akhir 2017 yang disalurkan 800 nasabah UMKM.

“Yang menggembirakan, NPL-nya relatif rendah, hanya 1,2%, sedangkan nasional mencapai 1,63%,” katanya.

Ade menegaskan, peranan UMKM pada perekonomian nasional terhitung cukup besar. Oleh sebab itu, pemberdayaan terhadapUMKM di Indonesia juga harus ditingkatkan.

Melalui kegiatan ini, dia berharap, maka BCA dapat berkontribusi dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri.

Lewat kegiatan tersebut, kata Ade, UMKM dilatih agar pintar dalam memamerkan dengan komposisi yang bagus, menajemen keuangan, dengan cara mengakses penjualan secara online, terutama ke marketplace.

Lewat kegiatan tersebut, maka diharapkan UMKM dapat berkembang dan dapat naik kelas, dari mikro menjadi kecil, dan kecil menjadi menengah. 

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya