Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekonduktoring SUTT 150 kV Lamongan-Cerme Sukses

Peningkatan kapasitas konduktor (rekonduktoring) pada jaringan 150 kV Lamongan – Cerme rampung diselesaikan dan berhasil energize.
Peningkatan kapasitas konduktor (rekonduktoring) pada jaringan 150 kV Lamongan – Cerme./PLN
Peningkatan kapasitas konduktor (rekonduktoring) pada jaringan 150 kV Lamongan – Cerme./PLN

Bisnis.com, SURABAYA - Komitmen PT PLN (Persero) menghadirkan keandalan sistem kelistrikan mendukung penuh pertumbuhan perekonomian masyarakat khususnya di Jawa Timur dan Bali terus dilakukan, termasuk memenuhi kebutuhan listrik kawasan industri besar di Gresik, Jawa Timur.

Salah satu implementasi di lapangan yakni peningkatan kapasitas konduktor (rekonduktoring) pada jaringan 150 kV Lamongan – Cerme. Tindakan yang dilakukan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) rampung diselesaikan dan berhasil energize.

"Pemberian tegangan pertama (energize) berhasil dilakukan pada SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kV Lamongan - Cerme Section 1 & 2 setelah rekonduktoring berhasil lebih dulu diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Pekerjaan ini (rekonduktoring) bertujuan meningkatkan kapasitas transmisi untuk mengoptimalkan sistem suplai listrik untuk PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (PT BKMS) yang merupakan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik – JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate)," ungkap Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

Amiruddin menerangkan saat melakukan kunjungan lapangan di Gardu Induk (GI) 150kV Bungah kemarin (14/10), peningkatan kapasitas konduktor dilakukan menjadi wujud komitmen PLN menyukseskan suplai kebutuhan listrik untuk sektor industri.

"Rekonduktoring ini sebagai mitigasi overload penghantar 150 kV di sub sistem Babat-Lamongan-Cerme. PLN berhasil menambah kapasitas konduktor pada 60 TIP tower transmisi sepanjang 20.088 kms yang menghubungkan konektivitas Gardu Induk 150 KV Cerme - Gardu Induk 150 kV Lamongan. Dengan berhasilnya rekonduktoring, kontribusi PLN akan terus diwujudkan dalam mendukung pembangunan dan pergerakan perekonomian, terlebih JIIPE yang diresmikan Presiden merupakan Proyek Strategis Nasional yang akan menjawab kebutuhan Industri 4.0," papar Amiruddin menjelaskan komitmen kontribusi PLN dalam pembangunan.

Amiruddin menjelaskan pentingnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini untuk meningkatkan kapasitas penyaluran dan keandalan pasokan listrik, khususnya di sistem kelistrikan Jawa Bali.

"Kehidupan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah tidak akan pernah bisa lepas dari sumber energi dan listrik merupakan salah satu sumber energi yang tidak bisa ditinggalkan, dengan keberhasilan proyek rekonduktoring SUTT 150 kV Lamongan Cerme ini, kami berharap pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Timur dan Bali akan terus meningkat dan berkembang semakin maju seiring dengan mendukung Tema Indonesia Maju," terangnya.

Amiruddin juga menyebut, keberhasilan seluruh rangkaian pekerjaan dilakukan dengan kolaborasi yang baik dari PLN Group dengan stakeholder.

"Sinergi antar PLN Group dengan stakeholder terkait tentu saja sangat berdampak terhadap keberhasilan pekerjaan mulai dari awal pelaksanaan pekerjaan hingga akhirnya dapat dilakukan pemberian tegangan (energize) dan selama pekerjaan berlangsung, PLN terus mengedepankan prinsip K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) sehingga berhasil diselesaikan dengan zero accident," pungkas Amiruddin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Regional Content
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper