Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Penumpang KA ke Jember Meningkat

Total penumpang yang berangkat pada tanggal 13-15 September 2024 sebanyak 29.443 orang dan jumlah tersebut mengalami peningkatan 7%.
Tampilan kereta ekonomi new generation./ Dok. KAI
Tampilan kereta ekonomi new generation./ Dok. KAI

Bisnis.com, JEMBER - Okupansi penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Ketapang meningkat selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Memang ada peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW sekitar 7 persen dibandingkan akhir pekan biasanya," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro saat dikonfirmasi per telepon dari Jember, Jawa Timur, Minggu (16/9/2024).

Menurutnya total penumpang yang berangkat pada tanggal 13-15 September 2024 sebanyak 29.443 orang dan jumlah tersebut mengalami peningkatan 7% dibandingkan periode yang sama akhir pekan sebelumnya pada 6-8 September 2024 yang melayani 27.451 orang yang berangkat dari Daop 9.

"Untuk jumlah penumpang kereta api yang berangkat pada 15 September 2024 sebanyak 9.627 orang dan hari ini sisa 23 tempat duduk saja yang terdapat pada KA Mutiara Timur dengan keberangkatan pukul 21.45 dari stasiun Ketapang Banyuwangi," tuturnya.

KAI Daop Jember menyediakan sebanyak 31.456 tempat duduk selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW selama empat hari mulai 13-16 September 2024, dengan kapasitas yang tersedia setiap harinya sebanyak 7.864 tempat duduk.

"Tiket sejumlah KA sudah terjual habis sejak Kamis (12/9) yakni KA Sritanjung relasi Ketapang – Lempuyangan, KA Tawangalun relasi Ketapang – Malang dan KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng, KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan dari wilayah Daop 9 menuju Jakarta," katanya.

KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 22 perjalanan kereta api yang meliputi KA Mutiara Timur, KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Logawa, KA Pandalungan, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

Salah seorang penumpang KA Tawangalun, Fitri mengaku sudah membeli tiket kereta jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket saat libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper