Solar Panel Baru, Lautan Natural Krimerindo Perkuat Energi Bersih

Upaya perusahaan dalam meningkatkan pemanfaatan EBT dinilai sejalan dengan transisi energi dan target bauran energi di Jawa Timur
Foto: Solar Panel Baru, Lautan Natural Krimerindo Perkuat Energi Bersih
Foto: Solar Panel Baru, Lautan Natural Krimerindo Perkuat Energi Bersih

Bisnis.com, SURABAYA - PT Lautan Natural Krimerindo (LNK), produsen bahan makanan dan minuman ternama di Indonesia dengan produk unggulan seperti FiberCreme, kembali menegaskan komitmennya terhadap bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Anak perusahaan PT. Lautan Luas Tbk. ini meresmikan pemasangan 1.416 panel surya dengan kapasitas 635 kW di pabriknya yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya besar mereka dalam mendukung energi bersih di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rendy Herdijanto, Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, memberikan apresiasi atas langkah strategis yang diambil oleh PT Lautan Natural Krimerindo (LNK).

Upaya perusahaan dalam meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dinilai sejalan dengan transisi energi dan target bauran energi di Jawa Timur, yakni sebesar 17,09% pada 2025 dan 19,56% pada 2050. Untuk tahun 2023, target bauran EBT Jawa Timur sebesar 6,55%, sementara realisasinya telah melampaui target, yakni sebesar 9,96%.

“Kami sangat mengapresiasi PT Lautan Natural Krimerindo yang telah menjadi salah satu pelopor di sektor industri dalam penggunaan energi baru terbarukan. Inisiatif ini tidak hanya mendukung target pemerintah dalam pengurangan emisi gas rumah kaca, tetapi juga mempercepat langkah Indonesia menuju pencapaian Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujar Rendy.

Rendy juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

“Kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam upaya global kita untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih hijau,” tambahnya.

CEO PT Lautan Natural Krimerindo, Hendrik Gunawan, menekankan bahwa proyek instalasi panel surya ini adalah bagian dari strategi jangka panjang perusahaan dalam mendukung agenda pemerintah.

"Pemasangan panel surya ini diharapkan dapat menyumbang hampir 30% dari kebutuhan energi kami, sekaligus mengurangi emisi CO2 hingga 1.200 ton per tahun, yang setara dengan penanaman lebih dari 14 ribu pohon," jelas Hendrik. 

"Kami berkomitmen untuk terus mengintegrasikan praktik bisnis yang bertanggung jawab, mendukung transisi energi terbarukan, dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia," tambahnya.

Prestasi terbaru ini juga melengkapi pencapaian LNK yang pada tahun 2022 menerima penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk perusahaan yang memiliki kinerja lingkungan yang baik, mematuhi regulasi dan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan

Dalam melaksanakan proyek solar panel ini, LNK bekerja sama dengan Xurya Daya Indonesia (Xurya), sebuah perusahaan yang menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan energi surya bagi sektor komersial dan industri.

Ini berarti Xurya berkontribusi dan bertanggung jawab langsung dalam proses pemilihan opsi pembiayaan, desain teknis, instalasi, pengoperasian, hingga pemeliharaan sistem PLTS yang terpasang di pabrik LNK. Selanjutnya, Xurya juga akan membantu LNK dalam mengoperasikan dan memelihara sistem PLTS ini selama lebih dari 20 tahun.

Eka Himawan, Managing Director Xurya, mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh LNK untuk turut berkontribusi langsung terhadap adopsi energi terbarukan di Indonesia.

Eka menuturkan, ”Di Indonesia, sayangnya masih sedikit perusahaan yang telah mengintegrasikan inisiatif pelestarian lingkungan dengan kegiatan operasional perusahaan, contohnya seperti dengan mengadopsi PLTS atap. Padahal ini bagaikan sambil menyelam, minum air. Oleh karenanya, bisa dibilang LNK adalah salah satu pelopor bisnis ramah lingkungan di tanah air, dan saya harap inisiatif LNK dalam menginspirasi para pelaku bisnis lainnya untuk mulai beralih menggunakan energi terbarukan dan berpartisipasi ke dalam bisnis yang lebih ramah lingkungan. Kami merasa terhormat telah dipercaya sebagai mitra dalam proyek PLTS ini.“

LNK menegaskan bahwa proyek solar panel ini merupakan bagian dari Program Manajemen Energi yang juga mendukung pilar keberlanjutan perusahaan.

Sebelumnya, LNK telah melakukan berbagai inisiatif lingkungan seperti optimalisasi transformasi digital untuk efisiensi mesin dan peningkatan kinerja energi, serta mengembangkan penggunaan pemulihan energi (energy recovery) dalam proses produksi.

Selain itu, LNK juga telah menanam 1.400 pohon di area Mojokerto dan mengoptimalkan pengelolaan air dengan peningkatan kualitas air dalam proses produksi.

Dengan langkah-langkah ini, PT Lautan Natural Krimerindo menunjukkan komitmennya untuk tidak hanya menjadi perusahaan yang unggul dalam bisnis, tetapi juga menjadi pemimpin dalam praktik keberlanjutan lingkungan di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper