Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kota Batu Capai 95%

Tingkat kepesertaan warga Kota Batu pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai lebih 95% atau 221.714 jiwa.
Layanan BPJS Kesehatan./Ist
Layanan BPJS Kesehatan./Ist

Bisnis.com, MALANG — Tingkat kepesertaan warga Kota Batu pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai lebih 95% atau 221.714 jiwa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana, mengatakan dengan tingkat kepesertaan sebesar itu Kota Batu memperoleh predikat Universal Health Coverage (UHC) diberikan kepada suatu daerah dengan cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional mencapai lebih dari 95% dari jumlah penduduknya. 

Kota Batu yang mencapai UHC pada 1 November 2020 dengan jumlah kepesertaan per 1 Agustus 2024 sebanyak 221.714 jiwa dengan segmen kepesertaan paling banyak adalah Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU BP) yang didaftarkan oleh Pemerintah Kota Batu,” katanya, Kamis (8/8/2024).

Dia berharap, masyarakat Kota Batu bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah ini sebaik-baiknya.

Tahun 2024 adalah tahun ketiga pelaksanaan UHC di Kota Batu. Kunci mempertahankan predikat ini adalah komunikasi dan koordinasi yang dilakukan secara terus-menerus, saling memahami, melaksanakan tugas dan wewenang masing-masing antara Pemerintah Kota Batu dan BPJS Kesehatan hingga menghantarkan Kota Batu sebagai kategori utama penerima UHC Award 2024,” ujarnya.

UHC ini, dia menilai, sangat penting perannya terhadap kesehatan masyarakat dan merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya,” ucapnya.

Dia mengapresiasi Pemerintah Kota Batu atas capaian dan komitmennya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kota Batu.

Rudi Jefri Susanto (36), seorang peserta dari segmen PBPU BP Pemerintah Kota Batu yang baru-baru ini memanfaatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Baptis Batu untuk menangani anaknya yang sedang sakit. 

Kala itu, Sandra Quisha Rachel (12), anak dari Rudi mengalami demam tinggi dan harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin, sehingga dengan sigap Rudi membawa anaknya ke IGD Rumah Sakit Baptis Batu. Menjadi peserta JKN memberi rasa aman dan tenang bagi keluarga Rudi, karena memiliki perlindungan jaminan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara jika suatu saat ada anggota keluarga yang sakit. 

Rudi mengatakan dirinya mendukung penuh keberlanjutan UHC Kota Batu. Rudi berharap semoga BPJS Kesehatan ke depannya mempertahankan bahkan melampaui pelayanan kesehatan yang saat ini sudah sangat memuaskan juga memudahkan peserta dari segala kalangan.

Dia tidak dapat membayangkan jika tidak terdaftar menjadi peserta JKN, sudah pasti saya harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk berobat anak saya. 

Walaupun dirinya peserta yang dijamin oleh Pemerintah Kota Batu, tetapi mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari proses administrasi, perawatan hingga keluar rumah sakit, serta tidak ada diskriminasi pelayanan maupun biaya tambahan. 

“Saya sangat merasa beruntung sekali Kota Batu sudah UHC, saya kira masyarakat yang lain juga pasti merasakan hal yang sama, bisa berobat dengan mudah tanpa memikirkan biaya, semoga BPJS Kesehatan semakin bermanfaat ke depannya,” ucapnya. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper