Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak SDM Pariwisata Berdaya Saing Global, Poltek Sahid Hadir di Batu

Hadirnya Politeknik Sahid sebagai Perguruan Tinggi Vokasi di Kota Batu-Jawa Timur bisa mempercepat penyerapan lulusan di industri pariwisata.
Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof Nugroho B. Sukamdani (tengah) didampingi Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  VII, Prof Dyah Sawitri dan Ketua LLDIKTI III, Prof Toni Toharudin, mendantangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Politeknik Sahid Kampus Batu, Kamis (1/8/2024). Bisnis/Andik Susanto
Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof Nugroho B. Sukamdani (tengah) didampingi Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  VII, Prof Dyah Sawitri dan Ketua LLDIKTI III, Prof Toni Toharudin, mendantangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Politeknik Sahid Kampus Batu, Kamis (1/8/2024). Bisnis/Andik Susanto

Bisnis.com, BATU—Politeknik Sahid Kampus Batu, Jawa Timur hadir di Batu untuk mencetak SDM di sektor pengelolaan perhotelan dan pariwisata berdaya saing regional, nasional, dan global.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Prof Nugroho B. Sukamdani mengatakan bahwa tahun ajaran 2024/2025, kampus tersebut menerima mahasiswa sebanyak 40 orang dan sampai saat ini sudah 16 mahasiswa telah terdaftar.

“Peminatnya banyak. Ada pemda yang akan memberikan beasiswa untuk kuliah di kampus ini,” katanya di sela-sela Peresmian Politeknik Sahid Kampus Batu, Kamis (1/8/2024).

Menurutnya, nantinya UKT ada yang mandiri, tetapi ada pula dengan skema beasiswa yang diberikan lembaga-lembaga tertentu maupun pemda. Selain itu, pengajar pada perkuliahan di Politeknik Sahid Kampus Batu sangat beragam. Ada yang dari akademisi, ada pula yang dari praktisi. 

Dia mengungkapkan pendidikan menjadi cara untuk membentuk SDM berdaya saing global di bidang pengelolaan perhotelan dan pariwisata, dengan membangun jejaring global seperti dengan perhotelan di Taiwan, China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Perancis lewat program magang.

“Banyak lulusan Politeknik Sahid yang diterima bekerja di hotel-hotel di Taiwan, Jepang, dan Jerman. Mereka tahu kualitas SDM lulusan Politeknik Sahid karena sebelumnya magang di sana. Kami sudah menerapkan 100% siap kerja dan cipta kerja,” ucapnya.

Terkait rencana pembukaan kampus baru, kata Prof Nugroho, disesuaikan dengan permintaan. Yang jelas, dalam jangka pendek akan dibuka program S2 Terapan di Jakarta karena izinnya sudah keluar.

Kampus Politeknik Sahid saat ini, yakni Head Office Sudirman, Kampus Pondok Cabe, Kampus Roxy, Kampus Bekasi, dan Kampus Batu. Keberadaan Kampus Batu ideal karena lahannya luas, yakni 3,3 hektare, ada hotel dengan 50 kamar, ada asrama, dan parkir juga luas.

Yang juga dipertimbangkan, kata dia, membuka prodi maintenance hotel. Pertimbangannya karena ahli dibidang itu sangat diperlukan untuk merawat hotel, mulai dari gedungnya sendiri, listrik, mapun lift, dan lainnya.

“Membangun hotel itu kan butuh investasi yang besar. Untuk mengamankan investasi, maka solusinya harus ada tenaga yang merawatnya,” ujarnya.

Direktur Politeknik Sahid, Derinta Entas, mengatakan Politeknik Sahid melihat peluang dalam memperluas jangkauan pendidikan dengan membuka kampus pariwisata di Kota Batu, Jawa Timur. 

Langkah ini diambil, kata dia, sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi di wilayah Jawa Timur. 

Menurutnya, Politeknik Sahid melihat bahwa wilayah Kota Batu-Jawa Timur didominasi oleh perguruan tinggi akademik (PTA). Hadirnya Politeknik Sahid sebagai Perguruan Tinggi Vokasi di Kota Batu-Jawa Timur, diharapkan dapat mempercepat penyerapan lulusan di industri pariwisata dan perhotelan, di wilayah Kota Batu, Jawa Timur khususnya dan Indonesia umumnya, serta untuk mengisi bursa tenaga kerja di luar negeri.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  VII, Prof Dyah Sawitri, berharap pengelola betul-betul memperhatikan penjaminan mutu pendidikan. Implementasi a.l terkait proses, output, input, dan outcome. Terkait input, seperti dosen yang betul-betul kompeten, tenaga pustakawaan. Selain itu, terkait oula sarana dan prasarana serta kurikulum.

“Vokasi itu berarti siap kerja dan pencipta kerja. 100% siap kerja dan cipta kerja. Masa tunggu 0%,” ucapnya.

Sedangkan Ketua LLDIKTI III, Prof Toni Toharudin, mengapresiasi Politeknik Sahid yang merupakan politeknik yang mempunyai program studi luar kampus utama (PSDKU) di wilayah LLDIKTI III.

Dia menyarakan Politeknik Sahid dapat memanfaatkan program beasiswa seperti KIP (Kartu Indonesia Pintar) Aspirasi anggota DPR untuk mahasiswa di kampus tersebut.

Analis Kebijakan Ahli Madya Kemendikbudristek Vokasi, Darsono, mewakili Plt. Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Muhammad Fajar Subkhan, berharap Politeknik Sahid mampu menyiapkan dan menjawab kebutuhan SDM perhotelan yang bersifat dinamis.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, M. Chori, menegaskan keberadaan Politeknik Sahid Kampus Batu penting bagi upaya menyiapkan SDM di bidang perhotelan di kota tersebut.

“Keberadaan Politeknik Kampus Batu penting untuk mengurangi angka pengangguran yang otomatis mengurangi angka kemiskinan di kota ini,” ucapnya. (K24)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper