Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Digitalisasi Pariwisata Perlu Lebih Digencarkan

Bank Indonesia Kediri bekerja sama dengan sejumlah pihak menghadirkan 13 desa wisata digital.
Djagabhumi Fashion Show menampilkan karya 24 desainer lokal unggulan di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri menyemarakkan Pembukaan Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 di Kediri, Sabtu (29/6/2024) malam./Istimewa
Djagabhumi Fashion Show menampilkan karya 24 desainer lokal unggulan di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri menyemarakkan Pembukaan Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 di Kediri, Sabtu (29/6/2024) malam./Istimewa

Bisnis.com, KEDIRI — Bank Indonesia Kediri bekerja sama dengan dinas pariwisata pada 13 kab/kota di wilayah kerja BI Kediri, dan BPD Jatim dengan menghadirkan 13 desa wisata digital.

Kepala Perwakilan BI Kediri, Moch. Choirur Rofiq, mengatakan desa dimaksud, yakni  Desa Wisata Girikerto, Desa Wisata Tasikmadu, Pantai Klayar, Air Terjun Sedudo, Hutan Pinus Loji, Kampung Susu Dinasty, Kawasan Wisata Telaga Ngebel, Desa Wisata Sempu, Sentai Foresta, Kawasan Desa Wisata Kare Madiun, Telaga Sarangan, Istana Gebang, Desa Wisata Sumber Banteng. 

“Melalui akselerasi digitalisasi desa dan lokasi wisata mampu membuka akses masyarakat dan UMKM yang lebih inklusif, meningkatkan pengalaman pengunjung, serta mendorong perkembangan sektor pariwisata daerah yang baik,” katanya pada Pembukaan Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 di Kediri, Sabtu (29/6/2024) malam.

Di sisi akselerasi digitalisasi, kata dia, KKM 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan talkshow digitalisasi yang akan diselenggarakan di Kediri Town Square dengan berbagai tema di antaranya perkembangan sistem pembayaran dan kreatif berinvestasi. 

Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Bandoe Widiarto, menegaskan penggunaan QRIS semakin meluas di Jawa Timur. Seperti peserta pameran UMKM di KKM 2024, sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi.

Sebanyak 13 kota/kabupaten di wilayah kerja BI Kediri, kata dia, sudah dalam tahap digital. Kab. Ngawi dan Kab. Blitar bahkan Tingkat elektronifikasinya sudah mencapai 100%. Digitalisasi transaksi daerah sangat bagus dalam mendorong penerimaan peningkatan pendapatan, serta mendorong transparansi.

“Jika ASN sudah menggunakan Kartu Kredit Indonesia, maka akan memudahkan mereka dalam bertransaksi karena tidak perlu menggunakan uang kartal,” ujarnya.

KKM 2024 juga terdapat wahana edukasi dan kegiatan lomba yang akan di tampilkan di Atrium Kediri Town Square dan Balai Kota Kediri yang diselenggarakan berkolaborasi dengan instansi seperti Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kementerian Agama Kota Kediri maupun komunitas-komunitas terkait seperti E-Sport Indonesia Kota Kediri, Komunitas Kopi, Komunitas Standup Indonesia Kediri, dan Forum Kampung Bahasa – Kampung Inggris.

Pada Jumat (28/6/2024) telah diselenggarakan Talkshow Fritalk Maya atau Nyata? dan Lomba Story Telling di Kediri Town Square. Pada Sabtu (29/6/2024) edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah kepada Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui lomba Cerdas Rupiah dan lomba jingle CBP Rupiah untuk masyarakat umum.

Selain itu juga dilakukan digitalization speech contest, modern dance competition, voice competition dan talkshow Anti Fomo “Kreatif Berinvestasi di Era Digital” yang berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi generasi muda agar lebih memahami produk investasi sehingga tidak terjebak dalam scam/penipuan sebagai bagian dari edukasi perlindungan konsumen.

Minggu (30/6/2024), digelar Digi Fun Run dengan berbagai hadiah menarik, serta berbagai perlombaan di antaranya Latte Art Competition, Final Voice Competition, Final E-Sport - Mobile Legend Bang Bang, dan Lomba Stand Up Comedy

Di sisi edukasi, akan digelar Talkshow NongQRIS “Cuan Manis Pakai QRIS” yang akan mengupas cara UMKM naik kelas melalui pemanfaatan QRIS dan Cooking Class bersama Chef Ragil yang akan memberikan tips & trick pemanfaatan bahan pangan olahan di masakan rumahan.

Selain itu, masih digelar pameran produk unggulan dari 13 Kabupaten/Kota eks-Karesidenan Kediri-Madiun di area Balai Kota Kediri, yang meliputi wastra unggulan, beragam produk industri kreatif dan produk potensi ekspor, kuliner serta berbagai hiburan menarik lainnya. 

Pengunjung juga bisa menikmati experience booth yang memberikan pengalaman baru seperti foto booth artificial intelligence (AI), belajar menenun, membatik, dan eco print, serta belajar pemanfaatan recycle product (kain perca, serat nanas, dan batu alam). 

Di lokasi Kediri Town Square juga terdapat booth menarik seperti edukasi sistem pembayaran tunai dan non-tunai, interactive digital game seperti virtual reality, dan terdapat juga booth pembayaran retribusi pajak non-tunai. 

Selain itu terdapat juga lomba yang dapat diikuti oleh pengunjung KKM 2024 yaitu QRIS Bounty Hunter yaitu misi yang dapat diselesaikan oleh pengunjung dan Lomba Outfit of The Day (OOTD) KKM 2024 dengan hadiah jutaan rupiah. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper