Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Lebaran, 71.043 Pelancong Berkunjung ke Ngawi

Destinasi favorit yaitu wisata air terjun Srambang Park di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecanatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.
Ilustrasi kebun teh./Ist
Ilustrasi kebun teh./Ist

Bisnis.com, NGAWI - Pemerintah Kabupaten Ngawi mencatat sebanyak 71.043 wisatawan mengunjungi tempat wisata di Ngawi, Jawa Timur selama liburan Lebaran 2024 yang berlangsung pada 29 Maret hingga 17 April.

"Data Dinas Pariwisata mencatat total kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ngawi selama libur Lebaran mulai 29 Maret sampai dengan 17 April mencapai 71.043 wisatawan," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi Wiwien Purwaningsih di Ngawi, Kamis (19/4/2024).

Menurut dia, jumlah kunjungan 71.000 wisatawan tersebut terpantau di sebanyak 18 destinasi wisata yang ada di Ngawi.

Terdapat tiga lokasi wisata utama yang tingkat kunjungannya terbanyak. Yakni wisata air terjun Srambang Park di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecanatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.

"Untuk jumlah kunjungan di Srambang Park mencapai 15 ribuan orang pada H+3 dan H+4 Lebaran 2024. Di Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi juga terpantau banyak, namun laporannya belum masuk," kata dia.

Wiwien menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran kali ini lebih tinggi dibandingkan dengan momentum yang sama di 2023. Sesuai data, pada libur Lebaran 2023, jumlah kunjungan wisata di Ngawi tercatat sekitar 46 ribuan.

Ia menambahkan banyaknya kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2024 tersebut, secara otomatis berdampak pada pelaku usaha di sekitar objek wisata mulai kuliner, oleh-oleh, hingga jasa sewa wahana yang ada di sekitarnya.

Pihaknya terus mendorong para pelaku wisata untuk berinovasi dan berkreasi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Ngawi.

Di samping itu, dinasnya juga intensif melakukan pembinaan dan pendampingan terutama terhadap para pelaku desa wisata yang dikelola BUMDes agar tempat usahanya tetap eksis.

"Dinas juga menarik wisatawan dengan promosi dan menggelar kegiatan hiburan, utamanya di tempat wisata Taman Tawun yang dikelola pemda. Dinas juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana di lokasi wisata setempat untuk menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler