Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KUR Fasilitasi Pasuruan Tembus Rp228,93 Miliar

Pembiayaan UMKM Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah mencapai outstanding Rp228,93 miliar pada triwulan I/2024.
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik

Bisnis.com, MALANG — Penyaluran KUR lewat program Cukur Kapas (Percepatan Penyaluran KUR Kab. Pasuruan) dengan tujuan untuk memperkuat pembiayaan UMKM Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah mencapai outstanding Rp228,93 miliar pada triwulan I/2024.

“Ada 7.213 debitur telah memanfaatkan program tersebut,” kata Plt. Kepala Kantor OJK Malang, Ismirani Saputri.

Program unggulan TPAKD lainnya, kata dia, yakni Program Desa Darling (Desa Sadar Literasi Keuangan) Kab. Pasuruan yang dilaksanakan melalui kerja sama antara Badan Usaha Milik Desa yang menjadi agen Laku Pandai, agen BPJS Ketenagakerjaan (Perisai), dan agen Pegadaian.

Program Terang Tani (Sosialisasi & Edukasi Literasi Keuangan untuk Petani) Kab. Pasuruan yang berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang telah diberikan kepada 1.227 petani milenial.

Selain itu, Peluncuran Kawasan Ekosistem Keuangan Inklusif Desa Wisata (Angin Dewi) Desa Tosari, Kabupaten Pasuruan bersama dengan TPAKD Kabupaten Pasuruan pada 31 Oktober 2023. Kab. Pasuruan memiliki 15 desa wisata yang berpotensi dijadikan Kawasan Ekosistem Keuangan Inklusif.

Asuransi untuk nelayan, TPAKD Kab. Pasuruan melalui Dinas Perikanan memberikan perlindungan sosial (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian) dengan membayarkan premi sebesar Rp16.800 kepada nelayan. Program tersebut sudah diberikan kepada 1.000 nelayan sepanjang tahun 2023 dan ditargetkan akan diberikan kepada 1.500 nelayan di tahun 2024.

Program Kredit Madinah (Merdeka dari Rentenir, Aman Sejahtera) dengan pilot project Desa Pakuncen, Kota Pasuruan yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Pasuruan bebas dari jeratan rentenir.

Program Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) berbasis klaster/sektor ekonomi Kota Pasuruan. Program tersebut telah diberikan kepada 576 orang dengan total kredit sebesar Rp26,7 miliar.

Program RABU (Rajin Nabung) oleh Kabupaten dan Kota Pasuruan yang bertujuan untuk mengakselerasi percepatan program Satu Rekening Satu Pelajar. Dengan kontribusi program tersebut, sampai dengan akhir Januari 2024, 116.205 pelajar di Kota Pasuruan telah membuat rekening dengan total nominal outstanding tabungan sebesar Rp21,48 miliar.

Di Kabupaten Pasuruan, program tersebut mendorong pembentukan 149.266 rekening pelajar dengan total nominal sebesar Rp28,53 miliar.

Program Sampah Menjadi Emas, kerja sama antara bank sampah Kota Pasuruan dan PT Pegadaian (Persero). Pemberian BPJS Ketenagakerjaan bagi RT/RW Kota Pasuruan.

Berikutnya, Program Kampung Literasi Keuangan Desa Sidomulyo dimana Pemerintah Kota Batu membuat program KANDA PRABU (Kredit Andalan para Petani Bunga) serta mendorong transaksi keuangan menggunakan QRIS sehingga petani bunga familiar dengan transaksi keuangan melalui bank.

Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Pemerintah Kota Batu yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan jasa keuangan. Sebanyak 33.972 masyarakat telah mengakses website dimaksud.

Penyaluran Bantuan Operasional Sekolah Kabupaten (BOSKAB). Sampai dengan 31 Januari 2024, jumlah rekening Simpel (Simpanan Pelajar) wilayah Kabupaten Malang yang tercatat di perbankan mencapai 448.600 rekening dengan nominal tabungan sebesar Rp71,26 miliar.

Pembentukan rekening di Kabupaten Malang merupakan yang tertinggi di wilayah kerja KOJK Malang yakni 34,25% dari total pembentukan rekening di wilayah kerja KOJK Malang.

Sosialisasi gerakan desa investasi saham yang telah dikomitmenkan bersama antara Pemerintah Kab. Malang, Unisma, dan PUJK. Saat ini terdapat 14 (empat belas) Galeri Investasi yang telah dibuka di wilayah Malang Raya.

TPAKD Kota Malang membuat Kawasan Inklusi Keuangan di Kampung Wisata Kajoetangan yaitu destinasi wisata di tengah Kota Malang dengan mengusung konsep “heritage” yang mengangkat unsur budaya, sejarah dan ekonomi sehingga menjadi destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun internasional.

Program OJIR (Ojo Percoyo Karo Rentenir) Kota Malang merupakan Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) yang per 31 Maret 2024 senilai Rp135,85 juta dengan jumlah debitur sebanyak 43 orang.

Dalam rangka mendorong sektor pertanian maka OJK Malang melalui TPAKD Kabupaten Malang melakukan business matching melalui pembiayaan KUR Kluster Petani Jeruk Tanpa Musim melalui Jertanmus Integrated Farming System Indonesia (JIFSI) Kecamatan Ngantang.

Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dengan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa untuk dapat menjadi Agen Laku Pandai. Program tersebut dilaksanakan oleh 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di wilayah kerja KOJK Malang. Berikut adalah statistik pencapaian program Laku Pandai per 31 Desember 2023:

“Sampai dengan akhir Desember 2023, total agen Laku Pandai di wilayah kerja OJK Malang sebanyak 24.118 agen atau meningkat 11,67% yoy. Nominal tabungan BSA meningkat 136,21% dari Rp8,07 miliar (Des 22) menjadi Rp19,07 miliar (Desember 2023),” ujar Ismirani.

Selain itu, kata dia, pembentukan rekening Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di Kota dan Kabupaten Probolinggo telah mencapai 306.752 rekening sampai dengan akhir Januari 2024 dengan nominal tabungan sebesar Rp46,83 miliar. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler