Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Malang Siapkan Uang Kartal Rp4,69 Triliun untuk Penukaran Pecahan Kecil

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,69 triliun atau meningkat 1,73% dibandingkan realisasi 2023 sebesar Rp4,61 triliun.
Kepala Perwakilan BI Malang, Febrina, saat memberikan keterangan pers pada “Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri atau SERAMBI 2024” di Kantor Perwakilan BI Malang, Selasa (19/3/2024)./Bisnis-Choirul Anam.
Kepala Perwakilan BI Malang, Febrina, saat memberikan keterangan pers pada “Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri atau SERAMBI 2024” di Kantor Perwakilan BI Malang, Selasa (19/3/2024)./Bisnis-Choirul Anam.

Bisnis.com, MALANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,69 triliun atau meningkat 1,73% dibandingkan realisasi 2023 sebesar Rp4,61 triliun untuk melayani kebutuhan penukaran uang kartal pecahan kecil dan perbankan pada periode Ramadan dan Idulfitri.

Kepala Perwakilan BI Malang, Febrina, mengatakan jumlah tersebut cukup memadai dengan mempertimbangkan tren transaksi nontunai yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Kegiatan layanan kas akan dilakukan oleh Bank Indonesia Malang bersama perbankan melalui 63 titik/loket layanan dengan melibatkan 42 Bank di 7 wilayah kabupaten/kota,” katanya pada Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri atau SERAMBI 2024 di Kantor Perwakilan BI Malang, Selasa (19/3/2024).

Selain itu BI Malang juga telah melakukan front loading ke perbankan melalui penarikan uang yang selanjutnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan nasabah termasuk BPR, korporasi dan instansi pemerintah.

Di sisi lain, dia meyakinkan, Bank Indonesia akan berfokus pada layanan penukaran uang melalui layanan kas keliling yang akan dilaksanakan di pusat keramaian a.l pasar dan pusat perbelanjaan dan layanan kas terpadu.

Sebagaimana tahun lalu, kata dia, layanan penukaran uang di tahun ini akan tetap memanfaatkan digitalisasi melalui aplikasi PINTAR sehingga masyarakat dalam melakukan penukaran uang akan menjadi lebih pasti, akurat, mudah, nyaman, dan aman.

“Namun bagi masyarakat yang tidak mendapatkan kuota PINTAR masih dapat melakukan penukaran selama modal kerja masih tersedia (go show),” ujarnya.

Layanan penukaran uang terpadu akan diselenggarakan di Gedung Kartini pada  28 Maret 2024. Pada kegiatan tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersama 8 bank,  yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Jatim, Bank Jatim Syariah, CIMB Niaga, BTN, dan Bank Muamalat akan menyediakan layanan penukaran untuk masyarakat dengan kuota 3.000 penukar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada perbankan yang bersedia terlibat dalam layanan terpadu,” ucapnya.

Layanan terpadu akan menggunakan metode scan KTP, dengan harapan dapat menjangkau masyarakat khususnya yang tidak memiliki akses pada aplikasi PINTAR.

Nantinya 1 KTP hanya berlaku untuk 1 kali penukaran dengan jumlah penukaran per orang maksimal sebanyak Rp3,8 juta. Beberapa bank juga akan menyediakan layanan penukaran uang dengan menggunakan QRIS guna memudahkan para penukar sehingga tidak perlu membawa uang tunai.

Kegiatan SERAMBI juga menjadi momentum yang baik bagi BI untuk menyampaikan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah kepada masyarakat.

Melalui edukasi, masyarakat kami ajak untuk lebih mencintai rupiah dengan mengenali keaslian dan merawat rupiah serta sebagai simbol kedaulatan bangsa.  Secara khusus kampanye CBP Rupiah pada momentum Ramadhan difokuskan pada penekanan pesan “Bijak Menggunakan Rupiah” yang salah satunya mengajak masyarakat untuk berbelanja dengan bijak atau sesuai dengan kebutuhan. Pesan tersebut juga relevan dengan upaya pengendalian inflasi yang cenderung meningkat di periode Ramadan dan Idulfitri.

“Oleh karenanya kami juga mengajak perbankan untuk bersama-sama turut menyampaikan pesan CBP kepada para nasabahnya, sehingga rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia semakin baik kualitasnya,” ucapnya berharap.

Kegiatan SERAMBI 2024 di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang akan dilaksanakan mulai 19 Maret s/d 4 April 2024 dengan mencakup tiga kegiatan utama, yaitu ketersediaan uang, layanan kas dan edukasi Rupiah. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler