Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mahasiswa Agar Sukses Selesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan kesehatan mental di tengah pengerjaan tugas akhir.
Contoh identifikasi masalah skripsi./Pixabay-Mediamodifier
Contoh identifikasi masalah skripsi./Pixabay-Mediamodifier

Bisnis.com, MALANG — Tips agar mahasiswa dapat sukses sehingga tepat waktu menyelesaikan tugas akhir, yakni jangan menunda-nunda pengerjaan tugas tersebut.

Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nandy Agustin Syakarofath, mengatakan tugas akhir menjadi salah satu persyaratan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebelum dinyatakan lulus oleh suatu universitas.

Dalam perjalanan menyelesaikan tugas tersebut, mahasiswa akan mengalami berbagai dinamika. Mulai dari proses penulisan, pengumpulan data, bimbingan, hingga ujian. Tak jarang, hal ini menimbulkan dampak pada kesehatan mental.

“Ada banyak faktor yang bisa menurunkan kesehatan mental di tengah pengerjaan tugas akhir,” katanya, Senin (26/2/2024).

Meski demikian, kata dia, faktor utama yang berkontribusi paling besar adalah penundaan terus-menerus dalam pengerjaannya. Hal ini menyebabkan banyak hal yang harus diselesaikan menumpuk dan membuat tanggungan tugas akhir semakin berat.

Selain itu, kata dia, pola hidup kurang baik seperti sering begadang juga ikut mempengaruhi hal ini. Kurangnya waktu istirahat, membuat mahasiswa sulit berkonsentrasi.

Bahkan hingga merasa pusing dan merasakan berbagai keluhan lainnya. Perlu diperhatikan juga bahwa kesehatan fisik dan asupan gizi juga turut berpengaruh. “Jangan lupa, jika kita jatuh sakit maka akan sulit untuk menulis atau datang bimbingan,” katanya.

Oleh karenanya, menurut Nandy, cara menjaga kesehatan mental agar tetap stabil atau semakin baik di tengah tugas akhir adalah dengan menghindari prokrastinasi atau penundaan. “Misalnya, saat menghadapi kesulitan menulis skripsi, segera mencari solusi atau insight saat bimbingan,” jelasnya.

Selain itu, dia juga memaparkan pentingnya support system ditengah penyelesaian tugas akhir. Baik dari orang tua, sahabat, ataupun pasangan. Meski demikian, yang paling menentukan keberhasilan tugas ini adalah diri sendiri. “Yang utama adalah diri sendiri. Jangan terlalu bergantung pada orang lain, karena mereka hanya bisa memberikan dukungan berupa semangat dan tugas akhir sifatnya tanggung jawab pribadi,” katanya.

Dia juga berpesan agar mahasiswa semester akhir bisa terus semangat, fokus dan selalu mengingat tujuan dari berkuliah. Mahasiswa jangan sampai terlena dengan hal-hal di luar tugas utama.

“Menjaga kesehatan mental tetap sehat di tengah tugas akhir itu sama seperti menjaga kesehatan fisik. Harus senantiasa dilakukan dan tidak perlu menunggu waktu tertentu,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper