Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muhammadiyah Dirikan Ponpes International Abdul Malik Fadjar di Malang

Ponpes internasional yang berlokasi di Jalan Pangestu, Dusun Telasih, Desa Kepuharjo, Karangploso Malang.
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. KH. Haedar Nashir, tuturnya saat meresmikan Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar di Malang, Rabu (21/2/2024)./Istimewa
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. KH. Haedar Nashir, tuturnya saat meresmikan Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar di Malang, Rabu (21/2/2024)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Muhammadiyah mendirikan Ponpes Internasional Abdul Malik Fadjar (PPI AMF), di Kepuharjo, Karangploso, Kab. Malang.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. KH. Haedar Nashir, menyampaikan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah menyerahkan aset gedung kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim dan kemudian dikelola sebagai PPI AMF.

Penggunaan nama Abdul Malik Fadjar sebagai identitas ponpes itu tidak lain sebagai cara meneladani nilai perjuangan, kecerdasan, dan pengabdian seorang guru bangsa.

“Beliau merupakan sosok yang saya takzimi. Kita semua juga tahu kiprah, perjuangan, dan kontribusi beliau. Bukan hanya bagi pendidikan di Muhammadiyah saja, tapi juga kontribusinya bagi pendidikan nasional. Termasuk di dalamnya usaha beliau untuk merintis pendirian UMM hingga menjadi universitas bertaraf internasional seperti sekarang,” tuturnya saat meresmikan Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar di Malang, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, sangat relevan jika dibawa dalam konteks kiprah perjuangan sosok Malik Fadjar. “Sedekah jariyah, doa anak yang sholeh, serta ilmu yang bermanfaat. Ketiga itu adalah amalan yang tidak akan putus hingga akhir hayat yang mana sangat cocok dengan almarhum Abdul Malik Fadjar,” katanya.

Dia menegaskan, ini juga menjadi cara Muhammadiyah untuk berkontribusi agar Indonesia Emas 2045 bisa tercapai.

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, maka pasti membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, baik dari aspek agama, pancasila, global, serta menguasai teknologi. Dengan begitu, SDM Indonesia bisa bersaing di dunia internasional.

PPI AMF ini merupakan hasil inisiasi Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. yang merupakan rektor UMM periode 2016-2024. Beberapa keunggulan yang disediakan adalah adanya konsep living language, living Quran and Sunnah, hingga living learning. Dalam kesehariannya, para santri akan menggunakan bahasa Inggris dan arab, mengamalkan Alquran, dan belajar dengan alam.

Ponpes internasional yang berlokasi di Jalan Pangestu, Dusun Telasih, Desa Kepuharjo, Karangploso Malang itu juga memiliki fasilitas lengkap dan mendukung. Misalnya saja asrama yang representatif, sport and arts center, laboratorium teknologi informasi, lingkungan yang bersih dan hijau, serta lainnya. Ponpes yang berdiri di lahan dengan luas 1,1 hektar ini juga bertujuan untuk menyiapkan calon pemimpin berwawasan global melalui berbagai program unggulannya.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) sekaligus Menteri Koordinator PMK Prof. Muhadir Effendy,  menegaskan UMM telah melakukan langkah konkret dalam dalam pengembangan persyarikatan Muhammadiyah.

Hal itu dibuktikan dengan pemberian hibah gedung pondok pesantren ini kepada PWM Jatim. Ia berharap agar langkah ini bisa ditiru oleh amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang lain.

“Jadi jangan selalu menunggu dapat sesuatu dari pimpinan Muhammadiyah. Tapi juga bisa ikut berkontribusi langsung seperti UMM ini. Semoga ponpes internasional ini mampu memberikna manfaat yang banyak dan luas,” ungkapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper