PLN Tambah Daya 60 MVA ke Smelter Freeport Indonesia di Gresik

Pasokan ke KEK Gresik dalam tahap pertama sebesar 30 MVA, tahap kedua sebesar 60 MVA, tahap ketiga sebesar 110 MVA dan tahap keempat sebesar 170 MVA.
Petugas memeriksa panel listrik di kawasan ekonomi khusus Manyar, Gresik, Jawa Timur./Ist-PLN
Petugas memeriksa panel listrik di kawasan ekonomi khusus Manyar, Gresik, Jawa Timur./Ist-PLN

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengalirkan tambah daya ke smelter PT Freeport Indonesia untuk tahap II sebesar 60 MVA setelah sebelumnya menyalurkan 30 MVA.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengatakan energi listrik menjadi faktor penting di seluruh sektor bisnis dan industri. PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan tinggi.

"PLN memberikan pelayanan terbaik pada seluruh konsumen pelanggan, termasuk sektor industri smelter," kata Agus dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2/2024).

Penyediaan tenaga listrik oleh PLN kepada PT Freeport Indonesia melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan operator PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama sebesar 30 MVA, tahap kedua sebesar 60 MVA, tahap ketiga sebesar 110 MVA dan tahap keempat sebesar 170 MVA.

"Untuk keseluruhan proses ini, PLN siap mendukung percepatan tahap ketiga dan tahap keempat yang akan direalisasikan pada tahun 2024," jelasnya.

Agus menegaskan proyek smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik menjadi bagian salah satu Proyek Strategis Nasional dalam meningkatkan perekonomian negara.

Project Management Officer PT Freeport Indonesia, Alan Hamertton menyampaikan terima kasih atas pelayanan cepat dan responsif PLN.

"Kebutuhan listrik untuk operasional kami meningkat dan sesuai dengan komitmen awal PLN memberikan respons cepat dan menyediakan pasokan listrik yang andal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : PLN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper