Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Nusantara Power Berhasil 45 Juta Jam Kerja Nihil Kecelakaan

Capaian ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah PLN Nusantara Power.
Petugas memadamkan api dalam Lomba Fire Resque and Fitness Drill di Paiton, Probolinggo./Ist
Petugas memadamkan api dalam Lomba Fire Resque and Fitness Drill di Paiton, Probolinggo./Ist

Bisnis.com, SURABAYA - PLN Nusantara Power (PLN NP) sebagai subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara mencatat 45 juta jam kerja selama tahun 2023 tidak terjadi (nihil) kecelakaan kerja di semua pembangkitnya.

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah mengungkapkan capaian ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah PLN Nusantara Power. Prestasi ini juga bentuk komitmen dan upaya perusahaan dalam menjamin lingkungan kerja yang kondusif serta mengedepankan keselamatan pada proses bisnisnya.

"Kami mencapai 45 juta jam kerja nihil kecelakaan kerja di seluruh unit pembangkit yang tersebar di penjuru Nusantara. Hal ini menandakan standard operating procedure (SOP) telah sama, merata, dan dilaksanakan secara tegas di lingkungan PLN NP," ujar Ruly dalam keterangan tertulis, Senin (15/1/2024).

Sementara dalam rangka Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja tahun 2024, digelar Lomba Fire Resque and Fitness Drill di Paiton, Probolinggo, hari ini. Acara tersebut sekaligus komitmen untuk meneruskan perhitungan jam kerja tanpa kecelakaan kerja.

Kegiatan yang diikuti oleh 54 unit pembangkit dengan total 520 karyawan peserta lomba yang berasal dari seluruh unit yang tersebar di Indonesia ini diselenggarakan di PLTU Paiton pada 15-25 Januari 2024.

Gelaran ini menyajikan pemadaman api dan pertolongan pertama serta penanganan korban di ketinggian. Fitness drill sendiri ditujukan untuk menguji ketangkasan dan daya tahan personel rescue.

Lomba pemadaman api dilaksanakan Fire Service Training Center (FTSC) yang menyerupai purwarupa peralatan di unit pembangkit. Melalui perlombaan ini juga diharapkan akan meningkatkan kesadaran dari risiko kebakaran yang selalu ada di unit pembangkit.

"Kami ingin mengintegrasikan budaya zero accident di unit pembangkit di seluruh wilayah kerja PLN NP dan konsisten menjalankan prosedur keselamatan," tutur Ruly terkait semangat di balik perlombaan ini.

Dia juga menilai, kompetisi juga akan meningkatkan motivasi seluruh tim unit pembangkit agar meningkatkan skill dan ketangkasan 54 tim fire rescue dari seluruh unit pembangkit.

Selain itu, 12 unit PLN NP juga berhasil mendapatkan penghargaan Soebroto Award bidang K2 tahun 2023 dari Kementerian ESDM serta mendapatkan 6 Proper Emas di penghujung tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper