Proyek Saluran Kabel Tegangan Tinggi Jembatan Suramadu Rampung

Rampungnya proyek infrastruktur ketenagalistrikan ini akan memperkuat sistem pasokan listrik ke Pulau Madura.
Proses pengerjaan proyek pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan Sirkit 4 interkoneksi listrik Jawa - Madura di Jembatan Suramadu./Dok. PLN Jatim
Proses pengerjaan proyek pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan Sirkit 4 interkoneksi listrik Jawa - Madura di Jembatan Suramadu./Dok. PLN Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) telah merampungkan proyek pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan Sirkit 4 internkoneksi listrik Jawa - Madura di Jembatan Suramadu.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB), Anang Yahmadi menjelaskan, pengerjaan proyek ini telah rampung yang ditandai dengan keberhasilan pemberian tegangan listrik untuk pertama (energize).

“Rampungnya proyek infrastruktur ketenagalistrikan ini akan memperkuat sistem pasokan listrik ke Pulau Madura yang terdiri dari GIS Kedinding 150 kV, SKTT 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan Sirkit 4,  SUTT 150 kilo Volt (kV) GIS Kedinding - GI Bangkalan Sirkit 2 (T.01 sampai T.35), dan GI 150 kV Bangkalan yang menghubungkan listrik kedua pulau tersebut,” jelasnya, Rabu  (29/11/2023).

Dia melanjutkan, dengan beroperasinya SKTT dan SUTT 150 kV Kedinding - Bangkalan Sirkit 4 ini akan semakin memberikan perkuatan keandalan kelistrikan di Pulau Madura, sekaligus akan mendukung pertumbuhan tingkat perekonomian dan pariwisata di Pulau Madura.

“Kendati menghadapi kendala yang cukup berat terkait tantangan sistem, tetapi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini dapat dilakukan dengan lancar,” imbuhnya.

Meski begitu, lanjutnya, pengerjaan SKTT 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan serta infrastruktur lainnya ini dilakukan dengan mengedepankan prinsip K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 81,26%. 

“Pengerjaan SKTT 150 kV Kedinding - Tx Bangkalan serta infrastruktur lainnya ini dilakukan dengan mengedepankan prinsip K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 81,26%,” imbuhnya. 

Adapun saat ini interkoneksi Pulau Madura disokong 3 sirkit yaitu dari SUTT dan SKTT 150 kV Kenjeran - Gilitimur, sirkit dari SUTT dan SKTT 150 kV Ujung - Bangkalan dan sirkit dari SKTT dan SUTT 150 kV Kedinding - Bangkalan Sirkit 3. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper