Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerapan Tiket Online Penyeberangan di Situbondo-Madura

Diharapkan kapal feri dari Jangkar ke Kalianget, Pulau Raas, Pulau Sapudi, dan Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, bisa segera beradaptasi dengan sistem nontunai.
Ilustrasi kapal penyeberangan./Ist
Ilustrasi kapal penyeberangan./Ist

Bisnis.com, SITUBONDO - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Banyuwangi secara bertahap mengalihkan pembelian tiket tunai ke nontunai atau tiket elektronik seiring ditetapkannya tarif terpadu penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

"Pekan depan penerapan tarif tiket terpadu penyeberangan baru dari Jangkar ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep sudah diberlakukan dan secara bertahap pembelian tiket elektronik juga kami terapkan," kata General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi Syamsudin saat sosialisasi penyesuaian tarif tiket terpadu di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Rabu (8/11/2023).

Ia berharap calon penumpang kapal feri dari Jangkar ke Kalianget, Pulau Raas, Pulau Sapudi, dan Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, bisa segera beradaptasi dengan perubahan sistem pembelian tiket dari tunai ke nontunai.

Syamsudin mengakui bahwa memang tidak mudah melakukan perubahan yang awalnya menggunakan tiket manual ke tiket elektronik melalui aplikasi. Namun demikian, hal ini harus dilakukan untuk kebaikan bersama dan menjadi lompatan yang lebih baik, khususnya di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Selama masa transisi, tambah Syamsudin, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi yang sejak 7 Agustus 2023 menjadi pengelola Pelabuhan Jangkar Situbondo akan mempersiapkan karyawannya untuk memberikan edukasi kepada calon penumpang terkait pembelian tiket elektronik.

"Pemberlakuan tiket elektronik ini dilakukan secara bertahap karena kami membuka ruang adaptasi hingga masyarakat calon penumpang kapal nantinya terbiasa menggunakan e-ticketing," ujarnya.

Menurut Syamsudin, pembelian tiket elektronik ini banyak memberikan banyak manfaat, khususnya untuk merekam data penumpang, sehingga mudah melakukan pelacakan penumpang jika ada hal-hal yang mendesak atau darurat, seperti kecelakaan laut.

"Manfaat lainnya ketika penerapan pembelian tiket elektronik penyeberangan dari Jangkar ke kepulauan di Kabupaten Sumenep, di sekitar pelabuhan akan banyak gerai-gerai tiket elektronik. Di sinilah terjadi pertumbuhan ekonomi baru," katanya dilansir Antara.

Tarif tiket terpadu penyeberangan rencananya diberlakukan mulai pekan depan dari Pelabuhan Jangkar tujuan beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, di antaranya Kalianget, Pulau Sapudi, Pulau Raas, dan Pulau Kangean.

Penyesuaian tarif tiket penyeberangan baru dari Pelabuhan Jangkar ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep ini berdasarkan Keputusan Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) KD.369/OP.404/ASDP-2023 tentang tarif tiket terpadu lintas antar-kabupaten/kota dalam Provinsi Jawa Timur dari Pelabuhan Jangkar yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper