Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Domain Pemkot Malang Kerap Diserang Peretas, Pemda Bentuk Tim Siber

Sepanjang tahun 2023, domain malangkota.go.id telah mendapatkan serangan siber sebanyak 37 kali serangan, baik high level, medium level maupun low level.
Ilustrasi hacker./dok. Kaspersky
Ilustrasi hacker./dok. Kaspersky

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang membentuk Malangkota-Computer Security Incident Response (CSIRT)  atau Tim Tanggap Siber untuk mengawasi keamanan siber terhadap sistem elektronik Pemkot Malang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Nur Widianto mengatakan tujuan dibentuknya Malangkota-CSIRT untuk meminimalkan dan mengendalikan kerusakan akibat insiden siber, memberikan respons dan pemulihan yang efektif, serta mencegah terjadinya insiden di masa mendatang.

“Sepanjang tahun 2023, sejak Januari sampai dengan Oktober domain malangkota.go.id telah mendapatkan serangan siber sebanyak 37 kali serangan, baik high level, medium level maupun low level.  Hal ini menunjukkan pentingnya kehadiran Malangkota-CSIRT dalam mencegah terjadinya insiden tersebut di masa yang akan datang" ujarnya pada Launching Malangkota-CSIRT yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Rabu (8/11/2023).

Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menjelaskan pemerintah akan lebih adaptif dalam memanfaatkan fenomena perubahan dan perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat. 

Oleh karena itu, kata dia, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah pusat mendorong untuk melakukan percepatan transformasi digital dengan diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dengan maksud untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui sistem elektronik.

Namun, dia mengingatkan, dalam sistem pemerintah berbasis elektronik, juga dapat menimbulkan sebuah tantangan baru yaitu munculnya ancaman terhadap keamanan sistem yang dimiliki sehingga sekarang adalah waktu yang tepat agar dibentuk sebuah tim yang akan bertugas untuk melakukan pengawasan keamanan siber terhadap sistem elektronik yang dimiliki oleh Pemkot Malang.

"Saya berharap dengan adanya tim ini, selain akan menjadi pengawas, juga akan melakukan penanggulangan dan pemulihan sehingga diharapkan insiden siber yang terjadi tidak akan pernah terulang kembali atau setidaknya dapat diminimalisir tingkat ancamannya," tutupnya.

Dengan dibentuknya Malangkota-CSIRT, dia berharap, dapat membuat ruang siber Pemkot Malang yang aman dan kondusif sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan terciptanya tujuan pemerintah pusat yaitu mensejahterakan masyarakat di ruang siber selain juga tentunya dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Kota Malang. 

"Mari kita wujudkan bersama kesadaran keamanan informasi, untuk menjaga dan mengamankan kinerja pelayan publik dalam mewujudkan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang handal berkualitas dan terpercaya di Kota Malang" tegasnya.

Pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) atau Tim Tanggap Insiden Siber ini telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2022 tentang perlindungan infrastruktur informasi vital (IIV) dan Peraturan BSSN Nomor 10 Tahun 2020 tentang tim tanggap insiden siber. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper