Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduk di Surabaya Diperbolehkan Jadi Ladang Ekonomi Warga

Wali Kota ingin aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bisa dimaksimalkan peruntukannya sebagai tempat ekonomi kerakyatan dan wisata.
Alat berat dioperasikan untuk pengerukan endapan lumpur waduk./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Alat berat dioperasikan untuk pengerukan endapan lumpur waduk./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginginkan waduk-waduk yang ada di Kota Pahlawan Jawa Timur tidak hanya difungsikan sebagai penampungan air, namun juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

"Waduk di Tandes dan Sumur Welut itu bisa dibuat wisata. Saya bolak-balik bilang, kalau aset pemerintah itu jangan dibiarkan terbengkalai, itu bisa dimanfaatkan," kata Eri Cahyadi dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (25/10/2023).

Eri ingin aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bisa dimaksimalkan peruntukannya sebagai tempat ekonomi kerakyatan dan wisata. Contohnya, seperti waduk atau bozem yang berada di kawasan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri.

Menurutnya, waduk di Surabaya bukan cuma ada di kawasan Kecamatan Lakarsantri, tapi juga ada di Kecamatan Tandes dan di kawasan lainnya.

Karena itu dia ingin agar waduk-waduk itu tidak hanya difungsikan sebagai penampungan air, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga Kota Surabaya.

Ketika waduk-waduk itu dimanfaatkan sebagai tempat wisata, maka akan diberi fasilitas penunjang seperti perahu, taman bermain, dan lapak UMKM. Dengan begitu perekonomian warga di sekitar waduk tersebut akan hidup.

"Itu lah yang namanya sinergi antara warga dengan pemerintahnya," katanya.

Pada berbagai kesempatan, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Surabaya itu berkomitmen bahwa masih belum ingin membangun sesuatu hal yang monumental di Kota Surabaya, sebelum warganya sejahtera.

Bukan hanya waduk, dia mencontohkan seperti lahan tidur milik pemkot yang berada di belakang Balai RW-1, Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri. Di belakang Balai RW itu, terdapat lahan luas yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk menggerakkan perekonomian.

Dirinya juga ingin agar lahan itu bisa digunakan untuk lapangan dan dilengkapi dengan taman bermain anak-anak. Selain itu, juga ada waduk kecil yang bisa digunakan sebagai tempat hiburan rakyat.

"Jadi orang-orang bisa jualan, ini lah yang selalu saya minta kepada teman-teman di pemkot. Kenapa saya selalu meresmikan balai RW? Ya karena hal seperti ini, ketemu Pak RT, Pak RW, dan LPMK, sehingga saya bisa tahu, ternyata ada aset yang belum dimanfaatkan," kara Eri.

Pemanfaatan lahan milik pemkot itu tujuannya bukan hanya untuk meningkatkan perekonomian, tapi juga untuk menghindari adanya penguasaan lahan oleh pihak lain atau dimanfaatkan oleh perseorangan untuk kepentingan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper