Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Marines Catat Kinerja Layanan Kapal Tunda Melonjak 158 Persen

PT Pelindo Marine Service mencatatkan kinerja layanan kapal tunda sepanjang Januari - Agustus 2023 mencapai 2,2 juta Gross Ton (GT) tau melonjak 158 persen.
PT Pelindo Marine Service mencatatkan kinerja layanan kapal tunda sepanjang Januari - Agustus 2023 mencapai 2,2 juta Gross Ton (GT) tau melonjak 158 persen. JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.
PT Pelindo Marine Service mencatatkan kinerja layanan kapal tunda sepanjang Januari - Agustus 2023 mencapai 2,2 juta Gross Ton (GT) tau melonjak 158 persen. JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, SURABAYA — PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines), lini bisnis Pelindo Group yang mengintegrasikan standarisasi layanan marine pada 46 pelabuhan di Indonesia mencatatkan kinerja layanan kapal tunda sepanjang Januari - Agustus 2023 mencapai 2,2 juta Gross Ton (GT) kali jam.

Direktur Utama Pelindo Marines, Warsilan mengatakan capaian layanan kapal tunda sepanjang tahun ini telah mengalami lonjakan 158 persen dibandingkan periode Januari - Agustus 2023 yang hanya tercatat 1,4 juta GT kali jam.

“Pertumbuhan positif pada kinerja dua core business Pelindo Marines ini menunjukkan bahwa implementasi standarisasi layanan marine yang dilakukan Pelindo, melalui Pelindo Marines telah berjalan baik,” katanya, Jumat (29/9/2023).

Selain layanan kapal tunda, Pelindo Marines juga mencatatkan kinerja operasional kapal pandu yang telah berjalan hingga 315 gerakan kapal atau meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebanyak 245 gerakan kapal. Dari capaian itu, maka layanan kapal pandu juga bertumbuh 129 persen (Yoy).

Warsilan memaparkan, selama 2 tahun merger Pelindo ini, Pelindo Marines telah melakukan berbagai standarisasi yang meliputi efisiensi pada sisi operasional, misalnya beban penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM), serta peningkatan efektivitas proses bisnis mulai dari pengaturan jadwal dan lokasi docking kapal, hingga implementasi teknologi digitalisasi demi meningkatkan integritas dan transparansi.

“Pelindo Marines juga terus melebarkan bisnis pada non-captive market atau menggarap layanan kapal tunda di luar terminal-terminal atau pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo. Misalnya untuk segmen tug and assist, Pelindo Marines baru saja kembali memenangkan tender kontrak layanan kapal tunda untuk mendukung operasional minyak dan gas (migas) di anjungan lepas pantai di perairan barat Pulau Madura,” jelasnya.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, menambahkan, Pelindo Marines juga berinovasi demi berkontribusi menurunkan biaya logistik negeri, misalnya inovasi layanan berupa pengangkutan material bioenergi FAME (fatty acid methyl esther/ester metil asam lemak) via tongkang di laut yang lebih efisien dibandingkan dengan truk di darat.

“Inovasi ini telah berjalan untuk rute Pelabuhan Gresik ke Tanjung Perak, Surabaya, dan yang terbaru melayani rute dari Kawasan Industri Dumai, ke Terminal Plaju Palembang. Selama 3 tahun terakhir, sudah lebih dari 1,5 juta kiloliter FAME dilayani transportasinya dengan selamat,” imbuh Lia.

Menurut pakar maritim Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, meningkatnya arus kapal memang harus diimbangi dengan peningkatan kehandalan armada pandu dan tunda, misalnya kekuatan bollard-pull kapal tunda dan kompetensi perwira pandu.

“Hal lain yang mendukung efisiensi dan efektifitas operasional pemanduan, penundaan, dan fasilitas pendukungnya adalah peningkatan kualitas perencanaan, penjadwalan, digitalisasi administrasi job order, sehingga bisa memenuhi ekspektasi pengguna jasa,” ujar alumni World Maritime University, Swedia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper