Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Marines & Insan Maritim Berkolaborasi Hijaukan Bakau Romokalisari

Semangat kolaborasi dalam aksi peduli lingkungan ini sejalan dengan rangkaian Peringatan HUT ke-10 Pelindo Marines atau satu dekade yang pertama dengan mengusung tema Dekade Kolaborasi
Penanaman bakau./dok. Pelindo Marines
Penanaman bakau./dok. Pelindo Marines

Bisnis.com, SURABAYA - Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo berkolaborasi dengan insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk menghijaukan ekosistem bakau Romokalisari, di pesisir utara Surabaya.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, mengatakan ekosistem bakau yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak tersebut baru-baru ini sedang naik daun karena Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan wakilnya sempat mencoba jetski dalam rangka penyiapan lokasi sebagai obyek wisata bahari.

“Kami mencoba menggalang semangat kolaborasi dari para insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak ini karena kelestarian ekosistem bakau di Romokalisari ini akan lebih berkelanjutan dan semakin meluas habitatnya. Terutama untuk mendukung rencana Pemkot Surabaya yang ingin menjadikan lokasi ini obyek wisata bahari,” katanya dalam rilis, Rabu (22/12/2021).

Dia mengatakan kolaborasi ini dihadiri oleh perwakilan insan maritim, di antaranya adalah Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Pelindo Sub-Regional Jawa Timur, Direksi Terminal Teluk Lamong, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya. 

“Semangat kolaborasi dalam aksi peduli lingkungan ini sejalan dengan rangkaian Peringatan HUT ke-10 Pelindo Marines atau satu dekade yang pertama dengan mengusung tema Dekade Kolaborasi,” ujarnya.

Lia menambahkan, semangat kolaborasi para mariners (sebutan pegawai Pelindo Marines) berangkat dari kolaborasi kebaikan kepada sosial masyarakat dan lingkungan (TJSL/CSR). 

“Semangat kolaborasi dalam membantu sesama dan lingkungan ini kemudian menjadi motivasi untuk semangat berkolaborasi sebagai bagian dari integrasi Pelindo yang baru merger,” imbuhnya. 

Adapun dalam momen menghijaukan ekosistem bakau Romokalisari pada 22 Desember 2021 itu, Pelindo Marines bersama dengan perwakilan beberapa insan maritim telah menyerahkan bibit bakau secara simbolis kepada paguyuban nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bahari Sejahtera.

Wakil Ketua KUB Bahari Sejahtera, Edi Supratman, menambahkan kelompok-kelompok nelayan sangat menyambut baik adanya inisiatif aksi peduli lingkungan seperti yang dilakukan oleh Pelindo Marines tersebut. 

“Ekosistem bakau yang lebih lestari dapat menambah pendapatan nelayan, karena tidak hanya menjaring ikan, tapi bisa menangkap kepiting dan udang. Jadi ada manfaat ekonomi lebih, selain itu kami berharap diberdayakan dalam rencana pengembangan atraksi wisata di pesisir Romokalisari ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper