Kunjungan Wisatawan ke Batu Tembus 6,3 Juta Orang

Pariwisata di Kota Batu memiliki potensi untuk bisa berkembang lebih jauh lagi mengingat kita memiliki banyak daya tarik wisata khususnya wisata alam.
Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, memberikan kata sambutan pada acara Multistakeholder Forum di Kota Batu, Selasa (19/9/2023)./Istimewa
Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, memberikan kata sambutan pada acara Multistakeholder Forum di Kota Batu, Selasa (19/9/2023)./Istimewa

Bisnis.com, BATU — Kunjungan wisatawan ke Kota Batu mencapai 6,3 juta orang sampai dengan Selasa (19/9/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief AS Siddiq, mengatakan angka kunjungan wisata di Kota Batu berada pada tingkat yang mengesankan, yakni 6,3 juta pengunjung hingga September ini dan akan terus bertumbuh hingga akhir tahun. 

“Pariwisata di Kota Batu memiliki potensi untuk bisa berkembang lebih jauh lagi mengingat kita memiliki banyak daya tarik wisata khususnya wisata alam,” katanya, Selasa (19/9/2023)

Kolaborasi dengan tiket.com, dia berharap, dapat mendukung para pelaku usaha wisata untuk menumbuhkembangkan kualitas usahanya yang berdampak secara positif terhadap kemajuan bisnis dan industri pariwisata di Kota Batu.

Arief juga menambahkan, untuk mengembangkan pariwisata di Kota Batu, perlu kolaborasi para pihak yang lebih intens, khususnya dalam hal mendorong pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan, terutama pada pengelola akomodasi. 

Saat ini, Kota Batu memiliki 828 pengelola akomodasi baik dari pihak hotel, homestay, villa, dan bentuk akomodasi lainnya. Dengan banyaknya ragam wisata yang tersebar di seluruh Kota Batu, bersama dengan tiket.com, diharapkan wisata Kota Batu dapat dikenal masyarakat secara lebih luas dan kebutuhan wisatawan untuk menginap kian terjangkau.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan untuk mendukung pemerintah dalam proses peningkatan kapasitas tersebut, tiket.com kembali menghadirkan edukasi peningkatan literasi pemasaran digital melalui program Multistakeholder Forum bagi pelaku usaha di berbagai wilayah Indonesia yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata, salah satunya yakni Kota Batu. 

Program Multistakeholder Forum dari tiket.com, kata dia, adalah inisiatif yang hadir untuk membantu pelaku usaha wisata meningkatkan kemampuan pemasaran digital dan mengikuti tren pariwisata terbaru. Kegiatan ini bertujuan agar mereka lebih siap untuk menghadapi lonjakan pergerakan pariwisata di daerah tersebut. 

“Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat yang ramah keluarga. Kami melihat bahwa Kota Batu memiliki potensi besar desa wisata yang dapat terus didongkrak untuk membangkitkan ekonomi serta mewujudkan peluang usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sambutan dukungan dari Dinas Pariwisata Kota Batu dalam forum ini juga diharapkan dapat mendorong kepesertaan untuk mendukung peningkatan hospitality bagi pelaku usaha wisata di Kota Batu,”.

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Batu, forum ini diikuti oleh 50 pelaku usaha wisata dari sektor pengelola properti akomodasi, menyusul ratusan peserta lainnya yang telah lebih dahulu mengikuti kegiatan serupa di dua tahun sebelumnya. Saat ini terdapat lebih dari 1.345  properti untuk area Jawa Timur dan lebih dari 490 mitra akomodasi, baik hotel maupun non-hotel, yang ada di Kota Batu dan Malang. (K24)

 

1695175328_e9dba294-624d-421f-bf88-3492116cf847.
1695175328_e9dba294-624d-421f-bf88-3492116cf847.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper