Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Kapolri untuk Mahasiswa: Kuasai Kompetensi, Etika, Kepemimpinan

Kunci sukses pemuda, termasuk mahasiswa, yakni menguasai kompetensi teknik, etika, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.
Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, bersama Rektor UMM, Prof Fauzan, berfoto bersama Penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (15/9/2023)./Istimewa
Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, bersama Rektor UMM, Prof Fauzan, berfoto bersama Penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (15/9/2023)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kunci sukses pemuda, termasuk mahasiswa, yakni menguasai kompetensi teknik, etika, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menegaskan hal itu dalam pidato ilmiahnya pada Penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (15/9/2023).

“Para pemuda, termasuk mahasiswa baru UMM harus memiliki kompetensi teknis, etika, dan juga jiwa leadership yang bagus. Maka, mahasiswa baru tidak salah memilih UMM sebagai tempat menimba ilmu. Apalagi Kampus Putih UMM menjadi salah satu kampus terbaik di tingkat nasional, bahkan internasional,” katanya.

Menurutnya, salah satu faktor meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) adalah kualitas para pemudanya yang tangguh. Setiap tahun, Indonesia mengalami peningkatan IPM. Pada 2018 angkanya mencapai 71,39 persen, naik menjadi 72,91 persen pada  2023. Hal itu menjadi bukti bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia terus naik.

Dia juga menekankan, peran pemuda sangatlah besar untuk bangsa Indonesia. Bahkan sejak masa penjajahan, perjuangan dalam merebut kemerdekaan Indonesia, hingga pada aspek mempertahankan keutuhan. Hal tersebut membuktikan bahwa pemuda menjadi kunci utama menjaga bangsa.

“Pemuda selalu memainkan peran penting. Misalnya saja pada sejarah kemerdekaan Indonesia. Banyak sekali gagasan-gagasan para pemuda yang memiliki efek besar, mulai dari Budi Utomo, sumpah pemuda, hingga kejadian Rengasdengklok,” ujarnya.

Kapolri memberikan tips mahasiswa baru untuk membentuk mental pemimpin di persaingan global. Mereka harus mampu mengasah potensi diri hingga bersaing di level global. Selain itu harus berani untuk menunjukkan bakat di beragam ajang internasional. Begitupun dengan keikutsertaan anak muda untuk memberantas narkoba dan paham-paham ekstrimisme.

“Belajarlah dengan sungguh-sungguh, ciptakan gagasan dan inovasi terbarukan. Dengan begitu, kalian juga turut berkontribusi mewujudkan visi Indonesia Emas 2024,” ucapnya.

Rektor UMM, Prof. Fauzan, menjelaskan UMM telah menyediakan berbagai program unggulan untuk membentuk mahasiswa menjadi manusia yang tangguh. Di antaranya program pembentukan kepemimpinan melalui student day, menghadirkan pakar-pakar dalam bidang tertentu, hingga pembekalan skill berkualitas.

Adapula Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang menjadi upaya untuk menciptakan kualitas personal terbaik.

“Kami juga memiliki Center of Excellence (CoE) dan Center for Future Work yang bekerja sama langsung dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Dengan begitu, mahasiswa bisa menguasai skill-skill yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal itu sekaligus satu dari banyak ikhtiar kami dalam menjawab tantangan serta mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper