Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIF Group Kejar Penyaluran Kredit Motor 200 Unit di GIIAS 2023 Surabaya

PT Federal International Finance, menargetkan bisa menyalurkan kredit pembiayaan sepeda motor 136-200 unit pada GIIAS 2023 di Surabaya pada 20 -24 September.
CMO FIF Group, Daniel Hartono (tengah) dalam Media Gathering Astra Financial menjelang GIIAS 2023 di Surabaya, Kamis (14/9/2023)./Bisnis - Peni Widarti
CMO FIF Group, Daniel Hartono (tengah) dalam Media Gathering Astra Financial menjelang GIIAS 2023 di Surabaya, Kamis (14/9/2023)./Bisnis - Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Federal International Finance (PT FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial menargetkan bisa menyalurkan kredit pembiayaan sepeda motor sebanyak 136 sampai 200 unit selama gelaran GIIAS 2023 di Surabaya pada 20 -24 September mendatang.

Chief Marketing Officer (CMO) FIF Group, Daniel Hartono mengatakan selama gelaran pameran otomotif GIIAS 2023 ini FIF Group menargetkan bisa membiayai sebanyak 700 unit sepeda motor dengan total pembiayaan Rp15 miliar. Sebanyak 564 unit atau sekitar Rp10 miliaran telah terealisasi selama gelaran GIIAS di Jakarta pada Agustus lalu.

“Nah sisanya hampir 200 unit dengan nilai pembiayaan Rp5 miliaran akan kami kejar di ajang GIIAS Surabaya nanti,” katanya di sela-sela Media Gathering Astra Financial di Surabaya, Kamis (14/9/2023).

Dia menambahkan, target penyaluran kredit sepeda motor di Surabaya ini memang jauh lebih sedikit dibandingkan selama gelaran GIIAS di Jakarta. Hal ini sebabkan karena market sepeda motor di Jakarta lebih besar, dan juga masa pameran GIIAS yang lebih panjang selama sekitar 11 hari. 

Adapun secara nasional di semester I/2023, FIF Group telah menyalurkan kredit sepeda motor sebanyak 1,5 juta unit atau meningkat 15 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari capaian tersebut, Jawa Timur telah berkontribusi sekitar 10 persen terhadap total penyaluran. 

“Sampai akhir tahun proyeksi kami bisa menyalurkan kredit sepeda motor sebanyak 3 juta unit atau dua kali lipatnya dari realisasi semester I,” imbuh Daniel.

Soal pembiayaan kendaraan atau motor listrik, lanjut Daniel, FIF Group sangat terbuka untuk memberikan kredit dengan biaya atau bunga yang sama dengan kendaraan konvensional lainnya.

“Kendaraan listrik memang menarik. Di Jakarta waku lalu sudah ada launching motor listrik Honda EM1, nah itu akan kita follow-up ke AHM, dan kita tidak memebdakan pembiayaan motor listrik dan biasa, harganya sama, bunga sama, DP juga sama 15 persen, tapi kami terus mengamati animo konsumen terhadap motor listrik ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, CMO Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok mengatakan, Astra Financial memiliki 9 unit bisnis. Seluruhnya akan turut berpartisipasi dalam ajang GIIAS 2023 di Surabaya. 

Pada GIIAS 2023, Astra Financial menargetkan pertumbuhan transaksi dari seluruh unit bisnis ini bisa mencapai 5 persen dibandingkan capaian pada GIIAS Surabaya tahun lalu. “Pada GIIAS Surabaya 2022, kami merealisasikan 1.245 transaksi dengan nilai pembiayaan Rp315 miliar. Di GIIAS tahun ini kami harapkan tumbuh 5 persen,” katanya.

Sedangkan pada GIIAS 2023 di Jakarta, Astra Financial telah merealisasikan pembiayaan kendaraan bermotor sebanyak Rp2,38 triliun naik 52 persen dibandingkan GIIAS di Jakarta tahun lalu, dengan total transaksi 6.820 unit. “Capaian tahun ini juga melebihi target yang ditentukan semula hanya Rp2,3 triliun dengan transaksi sebanyak 6.600 unit SPK,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper