Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Nusantara Power Kelola PLTMG Flores dan Ternate

PLN Nusantara Power selaku subholding pembangkitan PT PLN (Persero) resmi mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Flores dan Ternate.
Tampak depan area PLTMG Flores, NTT./Dok. PLN NP
Tampak depan area PLTMG Flores, NTT./Dok. PLN NP

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding pembangkitan PT PLN (Persero) resmi mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Flores dan Ternate yang diharapkan dapat memasok kebutuhan listrik di wilayah timur Indonesia.

Direktur Utama PLN NP Ruly Firmansyah mengatakan pengelolaan kedua PLTMG tersebut ditandai dengan penandatanganan Pekerjaan Jasa Operasi dan Pemeliharaan PLTMG Ternate dan PLTMG Flores pada 11 Juli 2023 di Jakarta.

“Kami memastikan akan memberikan yang terbaik dalam pengelolaan 2 pembangkit yang sangat penting ini. Selain berupaya dengan optimal, kami juga akan menerjunkan tim terbaik dalam pengoperasian serta pemeliharaan agar pasokan listrik dapat selalu terjamin,” katanya, Kamis (13/7/2023).

Dia mengatakan keberadaan kedua PLTMG ini sangat penting apalagi untuk mendukung sektor pariwisata yang juga menjadi bagian dari unsur pertumbuhan ekonomi.

“Kami menyadari arti pentingnya pariwisata bagi Indonesia. Selain dapat menyumbangkan devisa bagi negara, hadirnya wisatawan juga menggerakkan ekonomi masyarakatnya, oleh karena itu hadirnya energi listrik menjadi salah satu peran vital yang dapat kami kontribusikan,” ujarnya.

Adapun PLTMG Flores memiliki kapasitas 20 MW dan berlokasi di Rangko, Nusa Tenggara Timur. Hadirnya unit pembangkit ini akan menopang kelistrikan di NTT untuk mendorong pergerakan ekonomi khususnya sektor wisata di sekitar Labuan Bajo. PLTMG ini sendiri pembangkit terbesar yg berada di pulau Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan PLTMG Ternate memiliki daya 30 MW dan berfungsi sebagai penopang beban utama pada sistem kelistrikan di Pulau Ternate - Tidore.  Dengan adanya perjanjian pekerjaan ini, PLN NP sudah sangat siap dalam mendukung peningkatan wisata sejarah dan alam di kepulauan Ternate - Tidore dari sisi energi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper