Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkutan Pengumpan Surabaya Layani Dua Rute Baru

Dua rute baru layanan angkutan pengumpan atau feeder WiraWiri Suroboyo dibuka sejak 10 Juli 2023.
Angkutan pengumpan atau feeder Wirawiri Suroboyo./Dok. Pemkot Surabaya
Angkutan pengumpan atau feeder Wirawiri Suroboyo./Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA — Dinas Perhubungan Kota Surabaya membuka 2 rute baru layanan angkutan pengumpan atau feeder WiraWiri Suroboyo sejak 10 Juli 2023 untuk melengkapi 5 trayek feeder sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru menjelaskan kedua rute baru feeder WiraWiri Suroboyo tersebut yakni rute FD06 dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) menuju ke Lakarsantri, dan rute FD07 dari Terminal Bratang menuju ke Stasiun Pasar Turi.

“Penambahan kedua rute ini telah melalui beberapa kajian dan pertimbangan, salah satunya untuk mengkoneksikan intermodality feeder dengan moda transportasi kereta api pada rute Terminal Bratang - Stasiun Pasar Turi,” katanya, Selasa (11/7/2023).

Tundjung melanjutkan, rute Terminal Bratang - Stasiun Pasar Turi juga bersinggungan dengan Bus Trans Semanggi (BTS) Suroboyo sehingga 2 rute feeder WiraWiri Suroboyo juga terkoneksi dengan BTS, termasuk rute feeder WiraWiri Suroboyo dari TIJ - Lakarsantri. 

“Rute menuju Lakarsantri sengaja disiapkan agar nantinya moda transportasi ini bisa saling terkoneksi antara Kota Surabaya dengan Kabupaten Gresik tetapi Gresik nanti menyusul, yang penting kita sediakan tidak jauh dari perbatasan Gresik," imbuhnya.

Dia menjelaskan, feeder WiraWiri Suroboyo rute Lakarsantri ini menggantikan Bus Trans Semanggi. Sebelumnya, rute ini dilayani BTS hingga Pom Bensin Lidah Wetan.

"Bus Trans Semanggi yang tadinya di SPBU (Lidah Wetan), dia geser ke arah Unesa. Jadi harapannya waktu perjalanan lebih cepat. Karena tidak antre dari Pom Bensin Lidah Wetan," katanya.

Tundjung juga memastikan, headway atau waktu tunggu angkutan pada rute baru ini sama dengan sebelumnya, yakni kurang lebih sekitar 12 menit, dengan total armada yang beroperasi sebanyak 52 unit.

Adapun angkutan feeder WiraWiri Suroboyo mulai launching dan beroperasi sejak 3 Maret 2023 yang awalnya hanya melayani 5 rute yang terdiri dari Terminal Benowo - Tunjungan, Puspa Raya - HR Muhammad, SWK Penjaringan Sari - Gunung Anyar, PNR Mayjend Sungkono - Embong Wungu, dan Terminal Intermoda Joyoboyo - Terminal Bratang - Kedung Asem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler