Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keyakinan Konsumen di Wilker BI Malang Meningkat pada Mei

Meningkatnya IKE didorong oleh seluruh kenaikan komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Penghasilan Saat Ini.
Kantor Bank Indonesia./Ilustrasi-Bisnis
Kantor Bank Indonesia./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, MALANG — Opimisme konsumen di wilayah kerja Bank Indonesia Malang terhadap kondisi ekonomi meningkat pada Mei 2023 mengacu Survei Konsumen Bank Indonesia Malang.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2023 tercatat sebesar 150,92 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 145,42.

“Dengan demikian keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap berada pada level optimis (indeks > 100). Kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” katanya, Rabu (31/5/2023)..

Menurut dia, Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 143,17 meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 137,17.

Meningkatnya IKE didorong oleh seluruh kenaikan komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Penghasilan Saat Ini. Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat melalui peningkatan konsumsi masyarakat.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, kata dia, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya.

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Mei 2023 tercatat sebesar 158,67 meningkat dari 153,67 pada April 2023. Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan komponen penyusun IEK, terutama Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Joko Budi Santoso, menilai optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian yang meningkat mengindikasikan bahwa perekonomian nasional dan daerah masih dalam track menuju keseimbangan baru pascapandemi.

Suntikan gaji ke-13 dan gelontoran dana partai dan caleg pada tahun politik, dia memproyeksikan, akan memberikan amunisi tambahan untuk perekonomian, sehingga beberapa bulan ke depan optimisme konsumen terhadap perekonomian akan terus meningkat.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper