Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Perbelanjaan di Malang Ramai Menjelang Lebaran 2023

Pada 2023, antusiasme warga jauh lebih meningkat dan diperkirakan jumlah pengunjung mencapai 110 persen dibanding 2019.
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (20/4/2023)./Antara-Vicki Febrianto.
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (20/4/2023)./Antara-Vicki Febrianto.

Bisnis.com, MALANG - Pelaku usaha menilai antusiasme masyarakat dalam berbelanja jelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah khususnya yang berada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, dinilai cukup tinggi dan membaik dibanding saat pandemi Covid-19.

Regional Mall Director Lippo Mall Jawa Timur Fifi Trisjanti di Kota Malang, Kamis (20/4/2023) mengatakan bahwa antusiasme masyarakat untuk berbelanja jelang Lebaran 2023 kali ini diakuinya lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Dibandingkan tahun lalu, tahun ini memang lebih bagus, tapi bukan berarti tahun lalu jelek," kata Fifi.

Fifi menjelaskan, pada tahun lalu jumlah pengunjung yang mendatangi salah satu pusat perbelanjaan yang dikelolanya tersebut memang sudah menunjukkan peningkatan pascapemerintah melonggarkan ketentuan penanganan Covid-19.

Menurutnya, pada 2022 tersebut, jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan itu mencapai 98 persen jika dibandingkan pada 2019, atau sebelum pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona terjadi di Indonesia.

"Tahun lalu, saat Ramadhan dibandingkan 2019 itu berkisar 98 persen. Jadi cukup bagus. Waktu itu, orang-orang setelah lama ada pandemi, kemudian dilepas dan akhirnya berbelanja," ujarnya.

Sementara pada 2023, lanjutnya, antusiasme warga jauh lebih meningkat dan diperkirakan jumlah pengunjung mencapai 110 persen dibanding 2019. Antrean pengunjung di pusat perbelanjaan itu, bahkan sudah ramai saat mall tersebut dibuka.

"Tahun ini saya kira lebih dari 100 persen dibanding 2019. Karena saya lihat mulai pagi ini sudah ramai," katanya.

Ia menambahkan, dalam kondisi normal, jumlah pengunjung yang berbelanja di pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Veteran Kota Malang tersebut, berkisar pada angka 20.000 pengunjung per hari.

Namun, memasuki Ramadan kali ini, pada hari biasa jumlah pengunjung bahkan mencapai 25.000 orang dan pada saat akhir pekan mencapai 35.000 orang. Ia berharap kondisi tersebut bisa terus terjaga hingga perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Per hari kunjungan bisa 25.000, akhir pekan 35.000 bisa lebih. Ini sangat bagus, sementara saat kondisi normal hari biasa sekitar 20 ribu. Peningkatan sangat signifikan," katanya.

Dalam kesempatan itu, pengunjung pusat perbelanjaan asal Surabaya, Wulandari, mengatakan bahwa dirinya berbelanja bersama keluarga pada saat berlibur di wilayah Kota Malang.

Dia berbelanja pakaian untuk anak dan adiknya, untuk dipergunakan saat Lebaran 2023.

"Saya dari Surabaya. Belanja untuk anak dan adik saya, ini buat Lebaran. Saya cukup sering ke Malang, karena tidak jauh dari Surabaya," katanya.

Berdasarkan pantauan Antara, pusat perbelanjaan lain yang berada di wilayah Alun-Alun Kota Malang dan Jalan Kawi juga dipadati masyarakat yang berbelanja menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Para pengunjung pusat perbelanjaan tersebut bukan hanya berasal dari wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu saja, akan tetapi juga masyarakat yang saat ini tengah mudik ke wilayah Malang Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper