Mudik Lebaran 2023, Pelindo Regional 3 Mulai Siapkan Fasilitas di 20 Terminal Penumpang

Pelindo Regional 3 mulai menyiapkan sejumlah layanan di 20 terminal penumpang dan RoRo untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.
Ilustrasi : Aktivitas mudik Lebaran menggunakan kapal laut./Dok. Pelindo
Ilustrasi : Aktivitas mudik Lebaran menggunakan kapal laut./Dok. Pelindo

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mulai menyiapkan sejumlah layanan di 20 terminal penumpang dan RoRo untuk mengantisipasi prediksi lonjakan pemudik pada momen Lebaran tahun 2023.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan 20 terminal tersebut berada di wilayah kerja Pelindo Regional 3.

Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2023 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani,” katanya, Kamis (30/3/2023).

Dia menjelaskan, sejumlah langkah antisipasi tersebut di antaranya meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan seperti penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang. 

“Sejumlah fasilitas yang disiapkan yakni ruang tunggu bagi calon penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik,” jelasnya.

Pelindo memperkirakan pada momen Lebaran tahun ini akan ada peningkatan arus mudik seiring dengan kembali pulihnya perekonomian pascapandemi, serta penambahan hari libur cuti bersama oleh pemerintah.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, musala hingga ruang kesehatan siap melayani arus mudik mulai dari sekarang,” imbuhnya.

Arus mudik Lebaran via jalur darat pada tahun lalu tercatat ada skeitar 500.000 penumpang kapal yang melakukan perjalanan mudik di 20 Pelabuhan yang dikelola Pelindo Regional 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper