Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Ramadan, Trafik Penumpang Pesawat Bandara Juanda Meningkat 6 Persen

Bandara Internasional Juanda mencatat pergerakan selama sepekan terakhir mencapai 243.258 penumpang.
Sejumlah pekerja melintas di lorong lobby Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jatim, Senin (10/2)/Istimewa
Sejumlah pekerja melintas di lorong lobby Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jatim, Senin (10/2)/Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatatkan adanya tren peningkatan trafik penumpang pesawat sekitar 6 persen pada awal Ramadan tahun ini.

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan selama sepekan terakhir terdapat sebanyak 243.258 penumpang atau meningkat 6 persen jika dibandingkan jumlah penumpang pada pekan sebelumnya yakni 229.481 penumpang. 

"Momen awal Ramadan yang sekaligus berdekatan dengan cuti bersama Hari Raya Nyepi ini tampaknya dimanfaatkan para penumpang untuk melakukan perjalanan,” katanya, Jumat (24/3/2023).

Dia menjelaskan, pada akhir pekan lalu, jumlah penumpang mampu mencapai rerata 40.000/hari. Bahkan pada 17 Maret 2023 sempat mencapai 43.193 penumpang, jumlah ini merupakan tertinggi selama 2023 ini.

Meski jumlah penumpang sudah jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya pasca pandemi Covid-19, tetapi trafik saat ini baru mencapai 70 persen dibanding kondisi sebelum pandemi. 

“Di masa normal yang lalu rata-rata trafik harian kami bisa melayani 55.000 - 60.000 penumpang di periode peak season," imbuhnya.

Sementara itu, angkutan penumpang kereta api melalui Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya pada momen yang sama tercatat mencapai 18.790 pelanggan pada 21 Maret 2023.

Dari jumlah tersebut, 3.870 pelanggan dari keberangkatan Stasiun Malang, 8.350 dari Surabaya Gubeng, sebanyak 3.570 dari Surabaya Pasarturi, dan selebihnya dari stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya.

“Selama masa libur Hari Raya Nyepi, KAI Daop 8 Surabaya menjalankan sebanyak 40 KA dengan rincian 9 KA dari Surabaya Pasarturi, 15 KA dari Surabaya Gubeng, dan 8 dari Stasiun Malang,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Adapun mayoritas para pelanggan menggunakan KA Sancaka tujuan Yogyakarta, KA Argowilis tujuan Bandung, KA Airlangga tujuan Pasarsenen, serta KA Ranggajati tujuan Jember dan Blambangan Ekspres tujuan Ketapang.

KAI Daop 8 Surabaya pun mencatat, pemesanan tiket KA jarak jauh pada masa Angkutan Lebaran 1444H yang telah terjual pada periode 12 April - 3 Mei 2023 telah mencapai 239.625 tiket atau sekitar 42 persen dari jumlah tiket yang disediakan pada periode tersebut sebanyak 563.890 tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper