Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Ekonomi Ramadan, Begini Analisa Akademisi

Permintaan masyarakat yang ditangkap oleh pasar sehingga direspons dengan bermunculan usaha-usaha ultra mikro baru.
Penjual makanan./Ilustrasi
Penjual makanan./Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - Ekonom Universitas Airlangga Surabaya, Shochrul Rohmatul Ajija mengatakan bahwa bulan Ramadan menjadi momen peningkatan perekonomian masyarakat yang terlihat dari menjamurnya pedagang ultra mikro yang menjajakan dagangannya sesaat sebelum berbuka.

"Daya beli masyarakat di bulan Ramadan itu cenderung naik dan terdistribusi. Jadi orang yang cenderung kaya akan menyedekahkan sehingga orang-orang dalam kelompok masakin (miskin) mendapat tambahan income dan daya beli naik," ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/3/2023).

Tidak hanya itu, aspek psikologis dan keyakinan dalam beragama, sambungnya, juga memengaruhi hal tersebut. Banyak warga yang merasa bahwa Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk bersedekah dan mengeluarkan uang yang dimilikinya, sehingga demand atau permintaan cenderung naik.

Ekonom Unair itu menegaskan bahwa permintaan masyarakat tersebutlah, yang ditangkap oleh pasar sehingga direspons dengan bermunculan usaha-usaha ultra mikro baru.

Shochrul mengatakan hal itu juga membuat para pengusaha menaikkan supply atau penawaran barang yang dimiliki untuk memenuhi permintaan masyarakat. Kenaikan tersebut akhirnya membuat titik keseimbangan (equilibrium) juga berubah.

"Banyak orang yang sudah merencanakan income-nya untuk menghadapi bulan Ramadan. Ada sebagian orang yang memilih untuk membuat tabungan Idulfitri, kalau di kampung ada arisan lebaran. Itu uang yang sengaja dikumpulkan untuk Ramadan dan Idulfitri," tambah dosen Departemen Ekonomi Pembangunan tersebut.

Selain itu, pedagang diminta bertindak rasional dan paham akan pasar, sehingga dapat menyetok barang dengan efisien.

Ia juga berpesan jangan sampai glorifikasi prospek usaha di bulan Ramadan membuat pedagang ultra mikro baru mencari modal dengan berutang.

"Skema pembiayaan (utang) untuk usaha yang sporadis seperti ini bahaya karena tidak sedikit yang habis lebaran menanggung utang banyak. Dengan alasan ketipulah, salah perhitunganlah dan tidak laku barang dagangannya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper