Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenalkan Produk Lokal, Pemkot Malang Perbanyak Pameran

Malang City Expo 2023 dilaksanakan mulai tanggal 9 Maret sampai dengan 12 Maret mendatang.
Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Ketua Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji (kanan) melihat batik  Kota Malang pada Malang City Expo 2023, Kamis (9/3/2023)./Istimewa 
Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Ketua Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji (kanan) melihat batik  Kota Malang pada Malang City Expo 2023, Kamis (9/3/2023)./Istimewa 

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang berjanji akan memperbanyak event pameran seperti Malang City Expo 2023 untuk lebih lebih memperkenalkan produk lokal kota tersebut agar dikenal pasar bahkan di tingkat global.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan melalui event ini akan mampu mewujudkan UMKM menjadi sebuah usaha ekonomi yang kreatif, tangguh, mandiri, berprospek serta dapat memberikan kontribusinya secara optimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Tentu muaranya adalah membawa produk lokal khas Kota Malang menjadi dikenal sampai ke tingkat dunia," katanya saat membuka Malang City Expo 2023, Kamis (9/3/2023).

Era globalisasi, kata dia, persaingan dalam dunia usaha dan perubahan selera konsumen sangatlah cepat dan ketat sehingga menuntut semua pelaku ekonomi bekerja keras untuk menghadapi persaingan dan lebih jeli dalam melihat peluang usaha/pasar yang ada dengan memantapkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya akan memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat a.l lain pendapatan masyarakat akan meningkat, lapangan kerja akan terbuka luas dan berbagai usaha terkait akan tertarik pula untuk berkembang.

Berbagai masalah masih dihadapi oleh kebanyakan UKM, yakni kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UKM.

"Meskipun banyak kendala-kendala yang dihadapi para pelaku usaha, namun saya yakin dan optimis dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti ini akan memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuhkan dan mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih baik,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khususnya bagi para pelaku usaha dalam mengupayakan memantapkan jaringan usaha, kata dia, a.l meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi, kemasan dan kualitas sehingga usaha yang dijalankan menjadi efisien,

Meningkatkan informasi dalam maupun luar tentang produk yang sumber pembelian, meningkatkan akses pasar bahan baku, serta para pelaku usaha besar harus berperan lebih nyata dalam membantu pemasaran produk usaha kecil.

"Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut diharapkan usaha kecil dan menengah akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainnya dan secara bertahap akan dapat membangun image yang baik terhadap produknya" kata Sutiaji.

Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji, mengatakan Dekranasda berkomitmen kuat dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Kota Malang untuk menguatkan UMKM yang terus berkembang di Kota Malang.

"Salah satu caranya adalah dengan menggelar Malang City Expo 2023 yang kami laksanakan mulai tanggal 9 Maret sampai dengan 12 Maret mendatang; harapannya tentu kegiatan ini tidak saja diketahui warga malang tapi juga di seluruh Indonesia bahkan dunia" tuturnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler