Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan Tetap Mengalir ke Bromo Meski Aktivitas Gunung Meningkat

Kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo mencapai 10.032 orang per 1-13 Februari 2023.
Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur, saat matahari terbit, Rabu (26/4/2022)./Bisnis-Abdullah Azzam
Panorama Gunung Bromo, Jawa Timur, saat matahari terbit, Rabu (26/4/2022)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyatakan minat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Bromo tidak terpengaruh oleh peningkatan aktivitas Gunung Bromo di Jawa Timur.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar TNBTS Sarif Hidayat kepada Antara di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (15/2/2023), mengatakan bahwa meskipun aktivitas Gunung Bromo mengalami peningkatan sejak 4 Februari 2023, masih ada kunjungan wisatawan.

"Untuk kunjungan wisatawan masih ada meski ada peningkatan aktivitas Gunung Bromo," kata Sarif.

Sarif menjelaskan, tercatat pada periode 1-13 Februari 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo yang merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Jawa Timur tersebut mencapai 10.032 orang.

Dari total sebanyak 10.032 orang tersebut, sebanyak 9.836 orang merupakan wisatawan Nusantara dan 196 lainnya merupakan wisatawan mancanegara. Balai Besar TNBTS tetap meminta para wisatawan untuk waspada saat berada di kawasan Gunung Bromo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak mendekati bibir kawah Gunung Bromo pada radius 1 kilometer, menyusul peningkatan aktivitas gunung dengan tinggi 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

BPBD Jawa Timur juga telah melakukan sosialisasi dan bersepakat dengan para pelaku jasa wisata seperti paguyuban jeep, kuda dan pedagang kaki lima terkait larangan kegiatan pada radius tersebut.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, terjadi peningkatan aktivitas kawah Gunung Bromo berupa teramatinya sinar api dari dalam kawah, berdasar pengamatan visual pada tanggal 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB.

Dalam laporan tersebut, bau belerang tercium kuat dari bibir kawah dan terdengar suara gemuruh.

Asap kawah dalam satu minggu terakhir teramati berwarna putih tipis hingga tebal dengan ketinggian 50-900 meter dari puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper