Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Kunjungan ke Bromo Saat Nataru Hampir Memenuhi Kuota

Wisatawan yang sudah memesan tiket di muka untuk perayaan malam tahun baru pada Sabtu (31/12) sebanyak 938 orang.
Suasana pemandangan Gunung Bromo, Jawa Timur./Bisnis-Abdullah Azzam
Suasana pemandangan Gunung Bromo, Jawa Timur./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, MALANG — Objek wisata Gunung Bromo diserbu wisatawan yang diketahui dari angka pemesanan tiket secara daring.

Kepala Subbagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan BB-TNBTS Sarif Hidayat, wisatawan memesan tiket lebih awal secara daring berwisata di Gunung Bromo. Objek favorit Penanjakan dan Bukit Teletubbies selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bukit Cinta, Bukit Kedaluh, dan Mentigen.

“Wisatawan yang sudah memesan tiket di muka untuk perayaan malam tahun baru pada Sabtu (31/12) sebanyak 938 orang. Tiket di Savana Teletubbies itu sudah hampir terjual sesuai kuota,” katanya, Kamis (22/12/2022).

Adapun pada Kamis (22/12), kunjungan wisata di Savana Teletubbies sebanyak 708 orang. Di objek yang sama saat Natal pada Minggu (25/12) sudah ada 897 tiket sudah dipesan secara online.

Kunjungan wisata dibatasi 75 persen dari total 2.202 orang saat libur Natal dan Tahun Baru. Kuota harian di objek Bukit Cinta 93 orang, Bukit Kedaluh 321 orang, Mentigen 165 orang, Penanjakan 666 orang, dan Savana Teletubbies 957 orang.

Menurut dia, selama November 2022 jumlah wisatawan mencapai 17.443 orang dengan rincian wisatawan nusantara 16.889 orang dan wisatawan mancanegara 554 orang.

Secara lengkap pengaturan pelayanan kunjungan di TNBTS pada libur Nataru, yakni pembatasan kunjungan wisata pada pembukaan dan penutupan Wulan Kapitu (megeng), yakni pada awal Wulan Kapitu hari Jumat (23/12/2022) mulai pukul 18 00 WIB sampai dengan Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB, dan pada akhir Wulan Kapitu, Sabtu (21/1/2023) mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan Minggu (22/1/2023) pukul 18.00 WIB.

Penutupan Kaldera Tengger TNBTS dari Kendaraan Bermotor, dengan batas dari arah Pasuruan sampai dengan Pakis Bincil, dari arah Malang dan Lumajang sampai dengan Jemplang, dan dari arah Probolinggo sampai dengan Cemorolawang. Pengecualian ketentuan tersebut untuk kondisi darurat.

Status aktivitas Gunung Bromo level II (Waspada) sehingga pengunjung dilarang mendaki ke kawah Gunung Bromo, pembelian tiket secara online melalui website bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Diberlakukan kuota yang tersedia di website, jika kuota habis wisatawan tidak dapat masuk ke kawasan/kembali pulang, pengunjung wajib memegang karcis masing-masing.

Wisatawan diwajibkan mengutamakan keselamatan, membawa sampah kembali pulang/keluar kawasan, dilarang membawa narkoba, barang berbahaya lainnya (petasan, bahan peledak dll), mematuhi semua peraturan yang berlaku dalam kawasan konservasi.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper