Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Menyiapkan Arena Offroad Menjelang Piala Dunia U-20

Pembangunan wisata offroad di Tahura Pakal, melibatkan pihak ketiga atau investor. Pemkot Surabaya mendukung dengan penyediaan akses jalan.
Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Kota Surabaya./Antara-Diskominfo Surabaya.
Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Kota Surabaya./Antara-Diskominfo Surabaya.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan berbagai destinasi wisata salah satunya wahana offroad di Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Kota Pahlawan, Jatim, menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei - 11 Juni 2023.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Senin (30/1/2023), mengatakan, sejumlah alternatif destinasi wisata yang disediakan untuk wisatawan asing yang datang menyaksikan Piala Dunia U-20 di Surabaya itu di antaranya adalah Romokalisari Adventure Land, Susur Sungai Kalimas hingga Mobil Offroad di Tahura Pakal.

"Semoga wahana offroad di Tahura Pakal yang kini dibangun dan bisa dibuka sebelum Piala Dunia U-20," kata Wali Kota Eri.

Sesuai dengan jadwal, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni 2023.

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, pembangunan wisata offroad di Tahura Pakal, melibatkan pihak ketiga atau investor. Sementara Pemkot Surabaya mendukung keberadaan destinasi wisata itu dengan penyediaan akses jalan.

"Ini sudah mulai berjalan, yang dilakukan pemerintah adalah membebaskan jalan menuju ke Taman Hutan Raya Pakal. Jadi kita kerjasama," kata dia.

Selain mobil offroad, Wali Kota Eri mengungkapkan, sejumlah wahana menarik lain juga bakal tersedia di Tahura Pakal seperti di antaranya, camping ground, flying fox hingga tempat untuk outbound.

"Wahananya ada mobil offroad, camping ground, ada outbound-outbond, ada pula danau dan bukit buatan juga. Jadi konsep alam yang ada di Taman Hutan Raya Pakal," kata Cak Eri, sapaan lekat Wali Kota Surabaya.

Menurut dia, sebenarnya Kota Surabaya memiliki banyak tempat yang potensinya luar biasa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Namun demikian, Cak Eri menyebut, selama ini beberapa tempat itu belum tersentuh sepenuhnya oleh Pemkot Surabaya.

"Makanya potensi-potensi itulah yang akan saya sentuh. Salah satunya tempat itu adalah untuk menggerakan warga miskin, mengurangi kemiskinan, seperti di Romokalisari Adventure Land," ujar dia.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menambahkan, bahwa ada dua lahan yang dibebaskan pemkot untuk akses jalan menuju Tahura Pakal. Titik lokasi lahan itu berada di dekat kawasan Stadion GBT.

"Ada dua lahan yang dibebaskan untuk menuju ke sana. Kalau selama ini kan lewat rel sepur (kereta api), nanti mulai dari GBT, sebrangnya langsung lurus menuju Tahura Pakal," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler