Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Proyek Under Ground Cable 150 kV Sedati - Buduran Siap Pasok Listrik Surabaya - Sidoarjo

Beroperasinya infastruktur kelistrikan ini akan semakin menambah keandalan sistem kelistrikan Jawa Timur.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 11 Januari 2023  |  13:01 WIB
Proyek Under Ground Cable 150 kV Sedati - Buduran Siap Pasok Listrik Surabaya - Sidoarjo
Aktivitas pekerja proyek Under Ground Cable 150 kV Sedati - Buduran Sidoarjo. - Dok. PLN
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) telah berhasil mengisi tegangan pertama (energize) pada Under Ground Cable (UGC) 150 kV Sedati - Buduran sehingga dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Surabaya dan Sidoarjo.

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah mengatakan proses energize pada UGC 150 kV Sedati - Buduran ini dilakukan tepat waktu pada 10 Januari 2023 dengan kondisi zero accident.

“Beroperasinya infastruktur kelistrikan ini akan semakin menambah keandalan sistem kelistrikan Jawa Timur, termasuk dalam rangka antisipasi peningkatan kebutuhan listrik di sekitar Surabaya dan Sidoarjo khususnya kawasan industri Rungkut,” jelasnya, Selasa (10/1/2023).

Dia menjelaskan, kebutuhan listrik di Kawasan Rungkut Industri selama ini dilayani dari Gardu Induk (GI) eksisting yakni GI 150 kV/20 kV Rungkut, Buduran dan Waru.

Nantinya, transmisi UGC 150 kV Sedati-Buduran dengan panjang lintasan 17 kms ini akan menghubungkan GIS 150 kV Buduran dengan GI 150 kV Sedati sehingga akan dapat mengalihkan sebagian beban dari GI 150 kV Buduran, serta dapat menampung proyeksi peningkatkan beban baru di kawasan Rungkut dan sekitarnya.

“Dengan beroperasinya infrastruktur ini, maka akan berimbas positif terhadap peningkatan keandalan Jatim serta pada sistem kelistrikan di Jawa Bali,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim PLN surabaya sidoarjo kelistrikan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top