Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Khofifah Ajak Warga Miliki Mental Pahlawan

Nilai-nilai dan karakter kepahlawanan dan kebaikan harus dirawat, dipupuk dan dijaga oleh pendidikan yang berorientasi memajukan karakter bangsa.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 10 November 2022  |  14:32 WIB
Gubernur Khofifah Ajak Warga Miliki Mental Pahlawan
Pertunjukan tarian dalam peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (10/11/2022). - dok. Pemprov Jatim
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen masyarakat terus membangun karakter dan jiwa yang memberi bagi bangsa dan negara untuk memaknai Hari Pahlawan pada 10 November 2022.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, Kamis (10/11/2022), Gubernur Khofifah ingin setiap orang meneladani keberanian para syuhada Arek-arek Suroboyo dan Jawa Timur dalam epos besar Pertempuran 10 November 1945 yang syarat dengan mental memberi yang terbaik untuk bangsa.

“Mental itu dibentuk melalui edukasi spiritual, edukasi sosial, politik dan juga kebudayaan. Nilai- nilai  dan karakter kepahlawanan dan kebaikan harus dirawat, dipupuk dan dijaga oleh pendidikan yang berorientasi memajukan karakter bangsa. Pendidikan yang bertujuan pada pemuliaan kemanusiaan, budi pekerti dan akhlakul karimah,” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Dalam buku Bung Karno berjudul ‘Di bawah Bendera Revolusi’, ditegaskan bahwa kekuatan dari suatu bangsa dalam memperjuangkan dan mengarungi jembatan emas kemerdekaan Indonesia tidak terdapat pada kekuatan untuk meminta, tapi pada kekuatan untuk memberi.

“Prinsipnya adalah memberi apa yang kita punya. Dengan begitu sebenarnya kita telah membangun karakter kepahlawanan,” ujarnya.

Menurutnya, setiap orang memiliki tugas untuk mengedukasi, termasuk mengedukasi diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Hari Pahlawan bisa menjadi momentum untuk bangkit dan bersatu menghadapi berbagai ancaman global selaras dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini yakni Pahlawanku Teladanku.

“Kalau dulu pahlawan menghadapi tantangan besar yakni berjuang melawan penjajah. Kini nilai perjuangan dan ketangguhan mereka bisa kita teladani untuk bangkit dan berjuang menghadapi tantangan global seperti ancaman krisis pangan, krisis energi, perubahan iklim, serta krisis keuangan yang dihadapi berbagai negara di dunia,” katanya.

Salah satu langkah konkret yang bisa dilakukan adalah menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitar dengan menjadi agen perubahan (game changer) mulai dari hal kecil di lingkungannya.

“Dalam menghadapi tantangan global ini, kita berharap lahirnya mental kepahlawanan dari warga. Tidak perlu bergerak dari skala besar, tetapi mengubah keadaan dan memperbaiki kondisi dari sekitarnya dulu,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Hari Pahlawan khofifah jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top