Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja BUMN Kinclong Diklaim Mampu Hidupkan Sektor Ekonomi Indonesia

Partai Amanat Nasional (PAN) dukung, Menteri Erick Thohir maju Pilpres 2024
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 01 November 2022  |  17:46 WIB
Kinerja BUMN Kinclong Diklaim Mampu Hidupkan Sektor Ekonomi Indonesia
Foto : Pidato Erick Thohir
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dukungan kepada Menteri Erick Thohir untuk ikut berkonestasi di Pilpres 2024 semakin banyak. Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan sinyal dukungan, kini giliran Partai Persatuan Pembangunan memberikan kode keras untuk mengusung Menteri Erick maju sei pucuk pimpinan di Indonesia.

Dekan Fisip Unhas, Dr. Phil Sukri, S. IP., M.Si. mengatakan banyaknya dukungan kepada Menteri Erick baik itu dari parpol maupun organisasi masyarakat untuk maju di Pilpres 2024 dikarenakan mereka semua melihat bukan sekadar milihat sosok personal figur Menteri Erick. Namun juga ditentukan oleh komposisi orang disekitar Menteri Erick dan figur capres maupun cawapres yang nanti akan maju di Pilpres 2024.

Selain melihat itu semua, parpol pengusung capres maupun cawapres mendatang juga akan mendukung figur yang memiliki prestasi dan pengalaman yang bagus di birokrasi. Terlebih lagi lanjut Sukri, Kementrian yang di pegang oleh Menteri Erick merupakan lembaga yang sangat berisiko. Namun dapat dilalui dengan sangat baik oleh Menteri Erick.

"Menteri Erick memimpin Kementerian BUMN tanpa adanya masalah yang berarti juga termasuk prestasi yang turut dipertimbangkan oleh parpol maupun ormas untuk mencalonkan beliau untuk maju di 2024,"kata Sukri. 

Selain itu Menteri Erick dinilai Sukri juga memiliki prestasi dalam bidang ekonomi. Khsusunya dalam memperbaiki kinerja keuangan perusahaan BUMN. Bahkan beberapa BUMN dapat ditingkatkan pendapatannya ketika Menteri Erick memimpin Kementrian BUMN. Selain itu Menteri Erick juga memiliki prestasi dalam merestrukturisasi BUMN yang sejatinya sudah diambang kehancuran. Di saat kepemimpinan Menteri Erick di Kementrian BUMN beberapa BUMN yang 'sekarat' itu pun dapat diselamatkan. Contohnya Garuda Indonesia, Krakatau Steel.

Menteri Erick juga mampu menumbuhkan etos kerja baru di Kementrian dan perusahaan BUMN yang ada di bawahnya. Dengan etos kerja yang baru tersebut membuat BUMN menjadi transparan, akuntabel, adaptif dan lebih bersih karena menjalankan GCG yang baik.

"Sektor ekonomi ini merupakan sektor yang vital yang harus dikuasai oleh calon pemimpin nagara. Termasuk calon pemimpin Indonesia. Sampai sejauh ini Menteri Erick memiliki pengalaman yang sangat baik di ekonomi. Dengan posisi Menteri Erick yang saat ini profesional dan bukan kader partai manapun menjadikan ia diunggulkan oleh beberapa parpol untuk maju di Pilpres 2024 mendatang,"terang Sukri.

Dengan berbagai kelebihan itu, menurut Sukri banyak pihak termasuk parpol maupun ormas menjagokan Menteri Erick dan mensimulasikan untuk dapat dipasangkan dengan berbagai tokoh yang sudah sangat populer untuk menjadi capres di Pemilu 2024.

Agar ekonomi Indonesia semakin kuat di masa mendatang, Sukri berharap Menteri Erick dapat memiliki program penggembangan ekonomi yang melibatkan BUMN dan generasi muda. Memang ada beberapa program ekoniomi yang sudah melibatkan BUMN dan generasi milenial.

Diakui Sukri, memang Menteri Erick di berbagai kesempatan suda menyampaikan program pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan BUMN dan generasi milenial. Namun yang disampaikan oleh Menteri Erick belum spesifik. Sukri mengharapkan agar Menteri Erick bisa terus menggembangkan program-program ekonomi dengan melibatkan BUMN dan generasi muda Indonesia. Sebab kedepannnya ekonomi Indonesia akan dijalankan oleh generasi milenial

"Selain akan menjadi pendorong ekonomi Indonesia di masa mendatang, generasi milenial juga mewakili segment pemilih yang cukup besar di tahun 2024 mendatang. Generasi milenial merupakan segment pemilih yang lebih menyukai figur pemimpin yang tidak terkontaminasi oleh parpol tertentu dan bisa mewakili aspirasi mereka. Bukan memilih pemimpin yang sekadar menyampaikan jargon tertentu. Ini ceruk yang bisa dioptimalkan oleh Menteri Erick untuk mendapatkan dukungan di pilpres 2024 mendatang. Apa lagi calon pemilih dari generasi milenial bisa mencapai 30% dari total pemilih,"pungkas Sukri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top