Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Giling Tebu PTPN X Capai 4,46 Juta Ton Melebihi Target

Capaian ini telah memberikan kontribusi optimal dalam mendukung terwujudnya program strategis nasional yakni revitalisasi industri gula nasional.
Petani tebu PTPN X mengoperasikan traktor./Ist
Petani tebu PTPN X mengoperasikan traktor./Ist

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mencatatkan kinerja giling tahun ini yang berakhir hingga 24 Oktober 2022 telah berhasil mencapai 4,46 juta ton tebu atau melebihi target semula sebanyak 4,2 juta ton.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengatakan capaian ini telah memberikan kontribusi optimal dalam mendukung terwujudnya program strategis nasional yakni revitalisasi industri gula nasional.

“Integrasi gula nasional ini merupakan solusi untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui target peningkatan produksi gula menjadi sebesar 2,6 juta ton pada 2030,” ujarnya, Rabu (26/10/2022).

Dia mengatakan selain jumlah tebu giling, perseroan juga berhasil mencatatkan kinerja dari sisi luas areal tanam tebu, produktivitas dan jumlah produksi gula total dibandingkan empat tahun terakhir.

“Data per 24 Oktober 2022, luas areal tanam mencapai 52.676 ha dengan produktivitas mencapai 84,6 ton/ha dan jumlah produksi gula 307.124 ton,” imbuhnya.

Tuhu mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk melampaui target produksi tersebut mulai dari perluasan Tebu Sendiri (TS), pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD) hingga pemenuhan saprodi.

“Tahun ini kita menargetkan perluasan lahan akan mencapai 422 ha melalui program Agroforestry dan 535 ha melalui kerja sama usaha dan sewa lahan dengan harapan akan meningkatkan jumlah Pasok tebu ke pabrik gula,” imbuhnya.

Sedangkan pengamanan TAD dengan cara menambah sarana pendukung tebangan, pemberian program-program pendukung untuk petani, meningkatkan ketertarikan dengan petani melalui program Tanjung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan penerapan Sistem Pembelian Tebu (SPT) berbasis kualitas.

“Upaya terakhir adalah peningkatan produktivitas tebu dan rendemen melalui pemberian subsidi benih dan introduksi varietas baru di pabrik gula, penjaminan pupuk tebu rakyat melalui Program Makmur bersinergi dengan Petrokimia Gresik dan memperbaiki manajemen Tebang-Muat-Angkut (TMA),” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper