Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Wanita Jatim Diajak Perkuat Hilirisasi UMKM Berbasis Hortikultura

UMKM berbasis hortikultura di Jatim memiliki peluang yang besar untuk bisa naik kelas, mengingat produksi tanaman hortikultura di Jatim juga sangat melimpah.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  14:36 WIB
Pengusaha Wanita Jatim Diajak Perkuat Hilirisasi UMKM Berbasis Hortikultura
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) bersama IWAPI Jatim memamerkan produk olahan UMKM. - Dok. Pemprov Jatim
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jatim untuk lebih intensif melakukan percepatan transformasi digital serta hilirisasi UMKM berbasis produk hortikultura.

Menurutnya, UMKM berbasis hortikultura  di Jatim memiliki peluang yang besar untuk bisa naik kelas, mengingat produksi tanaman hortikultura di Jatim juga sangat melimpah.

“Semisal buah mangga, Jatim merupakan kontributor nasional sebesar 42 persen, dan buah pisang kontribusinya 32 persen dari total produksi nasional sekitar 8 juta ton/tahun. Bahan baku yang melimpah ini menjadi faktor penguat jika mendapat akses pasar ekspor serta pola hilirisasi yang tepat,” katanya dalam rilis, Rabu (24/8/2022).

Dia melanjutkan saat ini diperlukan upaya yang kreatif dan inovasi untuk membuat sesuatu produk berbahan dasar buah dan sayuran, seperti yang sudah ada sebelumnya yakni keripik dan kerupuk dari buah dan sayur. 

“Dengan berbagai pola hilirisasi yang masif bisa menjadi pintu masuk bagi UMKM agar naik kelas, tetapi akses pasar yang lebih luas juga dapat dijangkau dengan percepatan transformasi digital,” katanya.

Khofifah berharap, IWAPI Jatim dengan berbagai jejaring dan mitra kerjanya terus melakukan percepatan transformasi digital serta melakukan pengembangan hilirisasi produk hortikultura di Jatim.

"Partnership adalah sebuah kebutuhan, sinergi dan kolaborasi adalah sebuah keniscayaan. Jangan pernah berpikir kita sukses sendiri, sinergitas internal dan eksternal hari ini sudah dibangun dengan baik. Jaringan IWAPI ini luar biasa, apalagi jaringan IWAPI antar provinsi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hortikultura Buah Mangga pisang jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top