Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peternak Jatim : Harga Telur Saat ini Sudah Sesuai HPP

arga di konsumen mengikuti harga acuan atau HPP yang ditetapkan pemerintah yakni Rp22.000 - Rp24.000/kg di tingkat peternak, di pasar tidak ada Rp18.000/kg.
Ilustrasi telur ayam./Bisnis-Fanny Kusumawardhani
Ilustrasi telur ayam./Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, SURABAYA — Tren harga telur ayam di Jawa Timur yang saat ini rerata berada di angka Rp27.000 - Rp30.000/kg dinilai sudah sesuai dengan Harga Pokok Produksi (HPP) peternak ayam petelur sehingga peternak tidak merugi.

Ketua Asosiasi Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Blitar, Rofi Yasifun, mengatakan kenaikan harga yang terjadi saat ini berkisar antara 10 - 15 persen. Hal tersebut dinilai wajar sejalan dengan meningkatnya permintaan pasar.

“Peningkatan permintaan ini terjadi karena ada program bantuan sosial (bansos) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah kembali berjalan, bahkan sepertinya dirapel sehingga demandnya agak kencang. Namun untuk pasokan telur ayam juga terbilang cukup,” katanya kepada Bisnis, Rabu (24/8/2022).

Dia mengatakan harga telur di tingkat konsumen sekitar Rp27.000 - Rp29.000/kg ini tidaklah mahal, dan sudah cukup menguntungkan peternak yang selama ini merugi akibat harganya yang terlalu rendah dari HPP dan tingkat penyerapan pasar yang juga rendah.

“Ini ada keseimbangan baru, artinya harga di konsumen mengikuti harga acuan atau HPP yang ditetapkan pemerintah yakni Rp22.000 - Rp24.000/kg di tingkat peternak, jadi di tingkat pasar sudah tidak ada lagi harga telur Rp18.000/kg. Namun setiap ada peningkatan permintaan, akan ada kenaikan Rp1.000/kg,” imbuhnya.

Berdasarkan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) per 24 Agustus 2022, harga rata-rata komoditas telur ayam ras di Jatim sekitar Rp29.302/kg, tertinggi terjadi di Gresik Rp30.666/kg, dan terendah di Tulungagung Rp27.333/kg.

Jika dibandingkan situasi satu bulan sebelumnya di tanggal yang sama, rerata harga telur ayam ras di Jatim sekitar Rp27.224/kg, tertinggi terjadi di Sumenep Rp28.500/kg, dan terendah terjadi di Lumajang Rp24.333/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper