Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspansi AstraPay Rambah Pengguna Bus Trans Jatim, Ini Targetnya

PT Astra International Tbk. terus memperluas potensi pengguna Astrapay hingga ke Jawa Timur, salah satunya melalui kerja sama dengan bus Trans Jatim
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  23:58 WIB
Ekspansi AstraPay Rambah Pengguna Bus Trans Jatim, Ini Targetnya
PT Astra International Tbk. terus memperluas potensi pengguna Astrapay hingga ke Jawa Timur, salah satunya melalui kerja sama dengan bus Trans Jatim. CEO PT NGI Agung Trianto Nugroho (kiri) dan Chief Executive Officer AstraPay Ricky Gunawan (kanan) - Bisnis / Peni Widarti
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - PT Astra International Tbk (ASII) terus memperluas potensi pengguna uang elektronik Astrapay hingga ke Jawa Timur, salah satunya melalui kerja sama dengan bus Trans Jatim.

Chief Executive Officer PT Astra Digital Arta (AstraPay) Ricky Gunawan mengatakan bahwa di bidang transportasi, AstraPay sebelumnya sudah bekerja sama dengan MRT, TransJakarta, Trans Jogja, Trans Semarang, dan Day Trans untuk pembayaran tarif angkutan menggunakan uang elektronik. 

"Kali ini AstraPay menggandeng Trans Jatim sebagai partner untuk mobility wallet dengan memberikan layanan cashless bagi para penumpang berupa payment channel untuk pembelian tiket di dalam aplikasi Trans Jatim Ajaib [Aplikasi JAtim Informasi Bus]," jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (19/8/2022) malam.

Dia menyampaikan, kontribusi sektor transpotasi terhadap nilai transaksi uang elektronik AstraPay memang tidak besar, yakni hanya sekitar 1 persen. Namun, diharapkan tren kuantitas transaksinya bisa terus meningkat.

"Selama ini kontribusi terbesar transaksi dari AstraPay adalah dari sektor layanan pembayaran angsuran atau cicilan yang ada di ekosistem Astra Group yakni sebesar 80 persen, sisanya ditopang oleh layanan pembayaran tagihan seperti listrik, air, hingga pulsa. Namun jika secara kuantitas, kontribusi angsuran dengan layanan tagihan dan transporasi cukup seimbang," jelasnya.

Ricky berharap kerja sama dengan Trans Jatim ini bisa menggenjot jumlah pengguna AstraPay. Tahun ini, pengguna AstraPay sendiri ditargetkan bisa mencapai 7 juta pengguna dengan nilai transaksi Rp25 triliun secara nasional.

"Sampai semester I/2022, jumlah pengguna AstraPay sudah mencapai 6 juta pengguna dengan nilai transaksi kotor atau gross transaction value [GTV] sebesar Rp16 triliun," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Nusantara Global Inovasi (NGI) Agung Trianto Nugroho mengatakan bahwa Trans Jatim melayani rute daerah yang memberi kontribusi besar bagi kepadatan lalu lintas Surabaya yaitu Sidoarjo-Surabaya-Gresik dengan 20 bus yang siap melayani penumpang. 

"Tiket Trans Jatim dapat dibeli melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib dengan tarif penumpang umum sebesar Rp5.000 untuk jarak jauh dan dekat," katanya.

Agung, selaku pihak integrator sistem Trans Jatim Ajaib, menjelaskan bahwa sistem penggunaan aplikasi Trans Jatim Ajaib ini sama seperti pembelian tiket nonbioskop.

"Pemesanan tiket dilakukan, kemudian pembayaran, dan setelah bayar akan mendapatkan tiket untuk naik bus Trans Jatim," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Astrapay uang elektronik astra bus
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top