Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunung Raung Meletus, Ini Peringatan dari PVMBG

Gunung Raung meletus. PVMBG mendokumentasikan kolom abu mencapai sekitar 1500 m di atas puncak sekitar 4832 mdpl.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  08:16 WIB
Gunung Raung Meletus, Ini Peringatan dari PVMBG
Gunung Raung yang terletak di antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, erupsi. Abu vulkanik dirasakan sejumlah wilayah di Banyuwangi. Minggu (7/2/2021)./Antara - HO/Humas Pemkab Banyuwangi

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatatkan Gunung Raung mengalami meletus dan menimbulkan erupsi pada Rabu (27/7/2022).

Lebih rinci, Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter. Gunung yang berada di timur Pulau Jawa ini meletus pada pukul 17.19 WIB, Rabu.

PVMBG mencatatkan tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 1500 m di atas puncak sekitar 4832 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat dan barat laut.

"Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi 540 detik," seperti dikutip dari laman resmi PVMBG, Kamis (28/7/2022).

PVMBG merekomendasi agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak turun ke dasar kawah atau mendekati kawah yang ada di puncak serta tidak berkemah di sekitar puncak/bibir kaldera/kawah gunung.

Secara administratif, kawasan gunung ini masuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

PVMBG menyarankan kepada pengunjung Gunung Raung untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan jiwa manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung meletus gunung merapi gunung Gunung Raung
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top