Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, Ini Kata Akademisi

Kebijakan ini sebagai bentuk kontrol oleh pemerintah tentang perlunya kesadaran dan pentingnya vaksin booster untuk menekan kasus Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  17:16 WIB
Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, Ini Kata Akademisi
Seorang tenaga kesehatan menyiapkan vaksin. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Epidemiolog Universitas Airlangga Surabaya Laura Navika Yamani Ph.D., mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo yang memberlakukan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga sebagai syarat perjalanan dan mobilitas masyarakat.

"Kebijakan tersebut perlu dilakukan karena kasus Covid-19 mulai meningkat kembali," kata Laura di Surabaya, Senin (11/7/2022).

Menurutnya, hal tersebut juga dapat menjadi upaya untuk meningkatkan antibodi setiap orang yang mungkin sudah mulai menurun sehingga harus diperkuat lagi.

"Kebijakan ini saya rasa sebagai bentuk kontrol oleh pemerintah tentang perlunya kesadaran dan pentingnya vaksin booster untuk menekan kasus Covid-19," ujarnya.

Kemudian, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair itu juga menjelaskan kebijakan ini dapat menekan penyebaran kasus Covid-19 yang kemungkinan muncul bersama varian baru.

Dengan demikian, hal tersebut perlu ditangani dengan memperkuat sistem imunitas tubuh melalui program vaksin booster mengingat capaian vaksin booster masyarakat Indonesia hingga saat ini masih sangat rendah yaitu di bawah 50 persen.

Dia juga mendukung kebijakan pemerintah yang akan mengaktifkan kembali sentra vaksinasi di berbagai tempat dan meningkatkan tracing ketika kasus meningkat dengan harapan kebijakan tersebut dapat menekan penyebaran kasus Covid-19.

Terakhir, dia menyampaikan bahwa strategi untuk menangani kasus Covid-19 masih sama baik dengan adanya varian baru ataupun tidak.

"Kombinasi 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3T (tracing, testing, treatment) tetap menjadi kunci utama dalam penanggulangan atau menekan kasus Covid-19," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19 Vaksin Booster unair

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top