Sebongkah Batu di Air Terjun Menimpa Tiga Wisatawan, Seorang Meninggal

Batu itu terlepas dari tebing dan kemudian menimpa para wisatawan.
Ilustrasi - Sejumlah pengunjung berwisata di Air Terjun Tirtosari yang terdapat di di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur./Antara-Diskominfo Kabupaten Magetan.
Ilustrasi - Sejumlah pengunjung berwisata di Air Terjun Tirtosari yang terdapat di di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur./Antara-Diskominfo Kabupaten Magetan.

Bisnis.com, MAGETAN - Kepolisian Resor (Polres) Magetan menangani kasus tewasnya seorang wisatawan akibat tertimpa batu yang jatuh dari tebing saat berwisata di objek wisata Air Terjun Tirtosari, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Minggu (3/7).

Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuhono kepada wartawan di Magetan, Senin (4/7/2022), mengatakan hasil olah tempat kejadian perkara diketahui peristiwa itu murni karena faktor alam. Batu sebesar sekitar kepala manusia dewasa jatuh dari tebing air terjun setinggi 20 meter dan kemudian secara beruntun menimpa tiga orang wisatawan yang sedang bermain air di bawahnya hingga mengakibatkan salah satu di antaranya meninggal dunia.

"Kejadian ini murni karena faktor alam. Batu itu terlepas dari tebing dan kemudian menimpa para wisatawan. Pertama kali diketahui oleh seorang tukang ojek dan kemudian melapor ke petugas Perhutani dan pos Polisi di Sarangan. Kemudian, para korban dievakuasi ke Puskesmas Plaosan dan kemudian dirujuk ke RSUD dr Sayidiman," ujar AKP Joko Yuhono.

Menurut dia, akibat kejadian itu, tiga wisatawan mengalami luka. Kemudian, satu wisatawan di antaranya meninggal dunia saat perjalanan dirujuk dari Puskesmas Plaosan ke RSUD dr Sayidiman Magetan.

Sesuai data, korban meninggal dunia atas nama Anggita (26) warga Subang, Jawa Barat. Korban mengalami luka robek pada kepala sebelah kiri, pendarahan telinga, hidung, dan mulut. Kemudian I Wayan Krisna (21) asal Probolinggo, Jawa Timur dan korban ketiga Binarti Fauziah (26) asal Bandung, Jawa Barat.

Pihaknya menjelaskan kawasan wisata Air Terjun Tirtosari di kelilingi tebing tanah berbatuan. Kawasan tebing air terjun tersebut juga rawan longsor dan banjir bandang sehingga cukup berbahaya bagi wisatawan.

Kepolisian kini berkoordinasi dengan dinas terkait dan pengelola tempat wisata Air Terjun Tirtosari untuk mencegah terjadinya kejadian serupa yang berpotensi menimbulkan korban jiwa.

"Kami akan melakukan pengawasan berkelanjutan serta mengoptimalkan fungsi bhabinkamtibmas setelah kejadian ini sebagai upaya deteksi dini dan antisipasi munculnya potensi kejadian serupa," katanya.

Saat ini tempat wisata Air Terjun Tirtosari ditutup sementara oleh pihak Perhutani hingga proses penyelidikan dan evaluasi berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper