Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petrokimia Gresik Pacu Pertumbuhan UMKM Lewat Kompetisi MMBC

Petrokimia Gresik ingin berkontribusi memajukan UMKM yang dijalankan generasi muda dan perempuan
Salah satu peserta kompetisi UMKM Petrokimia Gresik di sektor agrosociopreneur. Dok. Petrokimia Gresik
Salah satu peserta kompetisi UMKM Petrokimia Gresik di sektor agrosociopreneur. Dok. Petrokimia Gresik

Bisnis.com, SURABAYA - PT Petrokimia Gresik turut memacu pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program kompetisi Mangga Madu/Muda Business Competition (MMBC).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan UMKM memiliki peranan strategis sebagai pilar dalam pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan.

“Untuk itu, sebagai bagian dari Pupuk Indonesia dan BUMN yang merupakan lokomotif pembangunan bangsa, program TJSL Petrokimia Gresik kami fokuskan pada permodalan dan pendampingan UMKM termasuk dalam program MMBC ini,” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Dia menjelaskan, dalam program Mitra Kebanggaan (Mangga) Muda, perseroan ingin mendorong generasi muda untuk meningkatkan jiwa entrepreneur yang profesional, sekaligus memberikan akses permodalan dan pembinaan dalam mengembangkan usahanya.

“Berwirausaha di usia muda membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang cukup. Melalui kegiatan ini, selain dapat menambah pengalaman diharapkan dapat memperluas networking para peserta untuk meningkatkan kinerja usahanya,” jelasnya.

Sedangkan program Mangga Madu, Petrokimia Gresik ingin mengoptimalkan potensi perempuan untuk menjadi entrepreneur, mengingat perempuan dikenal mempunyai keunggulan multitasking dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sekaligus. 

“Ini juga menjadi persiapan dini untuk bekal saat pensiun nanti, terutama bagi para istri yang memiliki usaha sendiri. Sehingga dapat meningkatkan peran perempuan sebagai pilar ekonomi keluarga,” imbuhnya.

Adapun kompetisi ini menyasar segmen mahasiswa aktif dalam program Mangga Muda dan segmen peserta dari istri karyawan Petrokimia Gresik dalam program Mangga Madu.

Dalam gelaran MMBC yang diselenggarakan kali pertama dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Petrokimia Gresik terdapat 2 sub kategori di antaranya creativesociopreneur (fesyen, food and beverage, furnitur, otomootif, fotografi) dan agrosociopreneur (pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan).

Pemenang masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah total Rp75 juta dan pendanaan usaha senilai Rp3 miliar yang diumumkan pada 2 Juli 2022 dalam acara Mangga Hybrid Expo. 

Nantinya pemenang akan mengikuti Inkubasi UMKM garapan Petrokimia Gresik School of Business and Management. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper