Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aplikasi TukangServices Targetkan Punya 2.000 Tukang Tersertifikasi

Aplikasi TukangServices.com untuk mempermudah masyarakat maupun developer yang membutuhkan jasa tukang mulai dari tukang listrik, mekanikal, gedung hingga elektronik.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 19 April 2022  |  15:59 WIB
CEO Aplikasi Tukang Servis Mandiri Jaya, Hendra c. Bastian saat memaparkan fungsi aplikasi TukangServices.com di Surabaya, Senin malam (18/4/2022). - Bisnis / Peni Widarti
CEO Aplikasi Tukang Servis Mandiri Jaya, Hendra c. Bastian saat memaparkan fungsi aplikasi TukangServices.com di Surabaya, Senin malam (18/4/2022). - Bisnis / Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Aplikasi Tukang Servis Mandiri Jaya mengembangkan aplikasi TukangServices.com untuk mempermudah masyarakat maupun developer yang membutuhkan jasa tukang mulai dari tukang listrik, mekanikal, gedung hingga elektronik.

CEO Aplikasi Tukang Servis Mandiri Jaya, Hendra c. Bastian menjelaskan untuk tahap awal pengembangan aplikasi ini masih fokus pada layanan jasa tukang kelistrikan yang akan membantu instalasi listrik di dalam rumah hingga pengurusan ke PLN.

“Selama ini masyarakat masih menghadapi kesulitan dalam mengajukan permohonan pemasangan listrik atau tambah daya, mulai dari survei, sampai kepastian pemasangan yang butuh waktu lama, ditambah dengan antrean untuk mendapatkan NIDI (Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik) dan SLO (Sertifikat Laik Operasi),” jelasnya dalam peluncurkan aplikasi TukangServices, Senin (18/4/2022) malam.

Dia mengatakan melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui PlayStore ini, pelanggan bisa memasang instalasi listrik baru atau menambah daya dengan layanan cepat dengan maksimal memberi respon kepada kepada pelanggan dalam waktu 24 jam.

“Aplikasi ini juga diharapkan bisa membantu Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dalam hal sosialisasi terkait permohonan NIDI pada masyarakat,” ujarnya.

Hendra memastikan, tukang yang akan melayani pelanggan telah memiliki sertifikasi lengkap sesuai keahlian. Pengembang aplikasi ini juga telah bekerja sama dengan lembaga sertifikasi dan kompetensi khusus kelistrikan seperti PT Lisan Nusantara Satu.

“Jadi setiap instalator harus punya sertifikat termasuk tukangnya. Sehingga sekarang tukangnya abal-abal. Selain itu, aplikasi Tukangservices ini juga sudah dilindungi Hak Paten terkait metode Manajemen dan layanan transaksi pelanggannya,” jelasnya.

Dia menjelaskan saat ini jumlah tukang kelistrikan yang tergabung dalam aplikasi ini baru mencapai 100 - 200 orang yang tersebar di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

“Target kami ada 2.000 tukang secara nasional, untuk itu aplikasi ini sangat terbuka bagi semua tukang yang ingin bergabung, tentunya mereka akan disertifikasi dulu, layak atau tidak,” imbuhnya.

Penanggung Jawab Badan Usaha PT Lisan Nusantara Satu, Ishak menambahkan setiap tukang yang mendaftar untuk bergabung dalam aplikasi Tukangservices ini perlu mengikuti kegiatan sertifikasi dengan biaya mulai Rp1,2 juta - Rp2,5 juta.

“Untuk biaya sertifikasi itu tergantung levelnya, umumnya untuk level 4 yang dibutuhkan bagi tenaga kerja teknis kelistrikan sekitar Rp1,8 juta,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN aplikasi jatim jasa konstruksi
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top