Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peredaran Uang di Jatim Diperkirakan Naik 17 Persen

Tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang kartal sebanyak Rp23 triliun, dan khusus di wilayah Surabaya dan sekitarnya yakni Rp12 triliun.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 April 2022  |  13:40 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur memperkirakan tren peredaran uang kartal di Jatim selama momen Ramadan dan Lebaran akan naik hingga 17 persen.

Kepala BI Jatim, Budi Hanoto mengatakan peningkatan peredaran uang kartal di Jatim ini sejalan dengan adanya pelonggaran kegiatan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran seiring dengan semakin turunnya kasus Covid-19.

“Memang Omicron ini lebih cepat pulihnya ketimbang Delta, dan program vaksinasi 2 hingga booster juga lebih masif dan cepat, mobilitas masyarakat meningkat berarti ada semacam aktivitas ekonomi di sektor produktif seperti pariwisata, penerbangan dengan PCR juga dibebaskan itu membuat geliat masyarakat untuk bertransaksi,” jelasnya seusai Bincang Bareng Media dan Buka Bersama BI, Selasa (12/4/2022) malam.

Selain itu, lanjutnya, terdapat tradisi menjelang Lebaran yakni berbagai uang pecahan baru untuk sanak saudara. Tren ini, katanya, akan terjadi seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

“Makanya akan ada peningkatan peredaran uang kartal sampai 17 persen, karena sebelumnya ada pandemi peredaran uang tidak banyak,” imbuhnya.

Adapun tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang kartal sebanyak Rp23 triliun, dan khusus di wilayah Surabaya dan sekitarnya yakni Rp12 triliun. Jumlah uang kartal yang disiapkan tahun ini meningkat signifikan jika dibandingkan dengan momen Lebaran 2 tahun terakhir yakni Rp11,5 triliun.

“BI menyediakan jumlah uang yang cukup sesuai dengan estimasi kawan-kawan perbankan. Namun kami mengimbau masyarakat agar menukarkan uang di tempat resmi yang disiapkan BI dan perbankan, jangan menukar di tempat tidak resmi karena berisiko apabila disusupi uang palsu, kerugian terjadi pada yang menukarkan, dan bisa berurusan dengan yang berwajib,” ujarnya.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, BI bekerja sama dengan 31 perbankan Surabaya untuk melayani penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman melalui mekanisme drive thru.

Layanan penukaran secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap Sabtu - Minggu, yaitu pada 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 – 15.00 WIB di Kantor Perwakilan BI Jatim. Masyarakat hanya dapat menukar maksimal Rp3,8 juta. 

Selain itu juga disediakan metode lain yakni melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadhan di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap Senin, dan di Perpustakaan Mayangkara setiap Rabu selama bulan Ramadhan. Kuota penukaran dibuka sebanyak 50 orang/kegiatan melalui pemesanan slot dari aplikasi PINTAR https://pintar.bi.go.id. Penukaran juga dibuka di 290 titik kantor cabang perbankan di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Mudik Lebaran lebaran
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top